Isnaini, Rifalatul (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran model problem based learning dengan metode simulasi untuk mengetahui efektifitas terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung / Rifalatul Isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Isnaini R. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran model Problem Based Learning dengan Metode Simulasi untuk Mengetahui Efektifitas Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung. Skripsi. Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M. Pd (II) Dr. Umie Lestari M. Si. Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran model PBL dengan metode simulasi Motivasi Hasil Belajar Sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 diharapkan dalam proses pembelajarannnya menggunakan pendekatan saintifik. Hal tersebut dapat tercermin dari perangkat pembelajaran yang digunakan.Berdasarkan hasil wawancara dan analisis perangkat guru biologi di MAN 2 Tulungagung guru tidak membuat perangkat sendiri melainkan hanya mendownload dari internet. Selama proses pembelajaran guru juga jarang berpedoman pada RPP. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran menjadi tidak terencana dengan baik yang mengakibatkan siswa jenuh dan tidak termotivasi dalam belajar biologi serta hasil belajarnya rendah. Guru sebenarnya sudah pernah menerapkan model pembelajaran sesuai K13 yaitu model PBL namun pelaksanaannya kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan perangkat pembelajaran model PBL dengan metode simulasi. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Instrumen penilaian pada materi sistem ekskresi manusia untuk mengetahui efektifitas terhadap motivasi dan hasil belajar yang telah tervalidasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan perangkat ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap 3 yaitu Analysis Design dan Development. Desain uji coba penelitian ini melalui 3 tahap yaitu uji validitas uji kepraktisan dan uji keefektifan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa lembar validasi perangkat lembar observasi pembelajaran angket respon siswa angket motivasi siswa lembar observasi sikap diskusi-presentasi lembar penilaian produk poster lembar soal pretes-postes ulangan harian dan pedoman penilaian LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase validitas perangkat pembelajaran sebesar 88 66%. Berdasarkan hasil uji coba kepraktisan dan keefektifan produk perangkat pembelajaran berturut-turut sebesar 88 11% dan 85 51% yang tergolong dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil perhitungan angket motivasi siswa didapatkan bahwa motivasi siswa mengalami kenaikan sebesar 3 22%. Sedangkan untuk hasil belajar dilihat dari gain score ternormalisasi sebesar 0 58 (kategori sedang). Kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk mengetahui efektifitas terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25129 |
Actions (login required)
View Item |