Pengembangan multimedia interaktif berbasis android terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik pada materi sistem koordinasi manusia / Siti Mariana Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis android terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik pada materi sistem koordinasi manusia / Siti Mariana Anggraini

Anggraini, Siti Mariana (2016) Pengembangan multimedia interaktif berbasis android terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik pada materi sistem koordinasi manusia / Siti Mariana Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini S.M. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis AndroidTerhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik Pada Materi Sistem Koordinasi Manusia. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M.Ked (II) Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata kunci multimedia interaktif android motivasi hasil belajar Berdasarkan wawancara dan penyebaran angket kelas XII MIPA 4 terlihat SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik memiliki fasilitas yang lengkap salah satunya terdapat Wi-Fi selain itu siswa diperbolehkan membawa handphone. Sebanyak 70 83% siswa telah memiliki handphone yang dilengkapi sistem operasi Android. Sebanyak 62 5% siswa mengaku handphone mereka hanya digunakan untuk komunikasi melalui sosial media daripada digunakan untuk belajar. Pembelajaran yang berpusat pada powerpoint tanpa siswa ikut berpartisipasi menyebabkan mereka merasa bosan dan motivasinya rendah. Indikator motivasi rendah diketahui sebanyak 37 5% siswa tidak fokus 54 17% siswa kurang semangat 58 33% siswa kurang perhatian 45 83% siswa melamun. Motivasi belajar rendah menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Solusi yang paling tepat untuk masalah ini yaitu mengembangkan multimedia interaktif berbasis android. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu mengembangkan multimedia interaktif berbasis android menguji kevalidan kepraktisan keefektifan dan motivasi siswa.Model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model Lee and Owens (2004) dengan prosedur pengembangan terdiri dari (1) penilaian/analisis kebutuhan yang terdiri dari dua bagian utama yaitu penilaian kebutuhan dan analis ujung depan (2) desain (3) pengembangan dan implementasi (4) evaluasi. Jenis data penelitian dan pengembangan berupa data kuantitatif dan data kualitatif didapatkan dari ahli materi ahli media praktisi lapangan dan siswa. Produk hasil pengembangan multimedia interaktif berbasis android ini terdiri darisembilan komponen utama meliputi (1) halaman pembuka (2) halaman pengantar (3) uji kompetensi awal (4) menu utama (5) menu kompetensi (6) menu materi (7) uji kompetensi akhir (8) menu referensi dan (9) menu pengembang. Penyajian materi sebagian besar menggunakan audio dan didukung adanya ilustrasi gambar yang sesuai dengan penjelasan materi. Penyajian materi juga didukung adanya animasi video dan video kontekstual tentang fenomena yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi ahli media dan praktisi lapangan diperoleh nilai sebesar 91% 96% 94%. Hasil uji kepraktisan kelompok uji coba awal dan uji coba lapangan diperoleh nilai sebesar 89 60% dan 91 03%. Hal ini membuktikan bahwa multimedia interaktif berbasis android yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran selain itu juga sangat praktis. Rata-rata hasil belajar (kognitif afektif psikomotor) yang diperoleh setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis android secara berurutan 91 02 84 94 92 43. Hal ini membuktikan bahwa multimedia yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil perhitungan motivasi melalui angket meningkat dari 62 31% (Cukup) menjadi 74 39% (Baik). Hasil perhitungan motivasi melalui observasi juga meningkat pada tiap pertemuan dengan rata-rata persentase 74 48% (Baik) sehingga disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis android yang dikembangkan sangat valid sangat praktis efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25100

Actions (login required)

View Item View Item