Improving the third grade studenst' understanding of vocabulary items by using big books at SDN Percobaan I Malang by Siti Rosida - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the third grade studenst' understanding of vocabulary items by using big books at SDN Percobaan I Malang by Siti Rosida

Rosida, Siti (2004) Improving the third grade studenst' understanding of vocabulary items by using big books at SDN Percobaan I Malang by Siti Rosida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa Kelas III SD berada pada masa transisi mereka berada pada posisi tingkat akhir di kelas bawah (1 2 dan 3) dan harus menguasai secara tuntas kompetensi dalam membaca dan menulis permulaan disamping itu berada pada posisi tingkat permulaan di kelas atas (4 5 dan 6) dan harus siap untuk membaca dan menulis lanjut pada jenjang pendidikan di SD. Permendiknas no. 24 tahun 2006 tentang Standar Isi Pembelajaran di SD di kelas III semester 2 aspek membaca difokuskan membaca pemahaman dan aspek menulis difokuskan pada menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan pemilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunan huruf kapital ejaan dan pemakaian tanda baca titik yang benar dan menulis puisi berdasarkan gambar. Hal kontradiktif yang terjadi pada siswa kelas III SDN Balongpanggang II Kabupaten Gresik terjadi ketika mereka menceritakan pengalaman mereka secara lisan berbeda dengan secara tertulis melatar belakangi guru sebagai peneliti untuk mengangkat masalah dalam tesis ini. Mereka bercanda dan bergurau menceritakan pengalamannya masing-masing tak mau ketinggalan dengan yang lain. Namun berbeda ketika mereka menceritakan pengalamannya secara tertulis. Hanya satu atau dua kalimat yang mereka tulis dengan baik dan benar. Sejalan dengan latar belakang masalah tersebut masalah dalam studi ini adalah Bagaimanahakah proses dan hasil meningkatkan keterampilan membaca untuk menulis melalui metode proyek pada siswa kelas III SDN Balongpanggang II Gresik Metodologi penelitian yang digunakan adalah PTK dengan guru sebagai peneliti. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 semester dengan 1 siklus besar yang terdiri dari 8 kali pertemuan (8 minggu). Dalam 1 siklus besar itu terdapat beberapa siklus kecil dan direfleksikan pada tiap pertemuan. Selama penelitian prosedur/langkah-langkah pembelajaran dilaksanakan dengan metode proyek untuk menghasilkan buku kelas yang berisi kumpulan karangan sederhana siswa kelas III SDN Balongpanggang II Gresik. Adapun pembelajaran terdiri dari membaca pemahaman dengan 2 kali evaluasi dan mengarang sederhana berdasarkan gambar seri dengan 2 kali evaluasi. Membaca pemahaman merupakan langkah awal untuk mengarang atau mengembangkan paragraf sedangkan mengarang berdasarkan gambar seri adalah tindak lanjut menghasilkan karangan sederhana yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2004 04:29
Last Modified: 09 Sep 2004 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244715

Actions (login required)

View Item View Item