Pemanfaatan silika gel sebagai matriks imobilisasi enzim trypsin bovine pancrease / Hamizah HaulaÔÇÖ - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan silika gel sebagai matriks imobilisasi enzim trypsin bovine pancrease / Hamizah HaulaÔÇÖ

HaulaÔÇÖ, Hamizah (2018) Pemanfaatan silika gel sebagai matriks imobilisasi enzim trypsin bovine pancrease / Hamizah HaulaÔÇÖ. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Haula Hamizah. 2018. Pemanfaatan Silika Gel Sebagai Matriks Imobilisasi Enzim Trypsin Bovine Pancrease. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. (II) Dr. Suharti S.Pd. M.Si. Kata Kunci matriks silika gel imobilisasi Trypsine Bovine Pancrease. Imobilisasi enzim merupakan suatu proses dimana enzim ditempatkan pada keadaan tidak mampu bergerak yakni dengan cara mengikatkannya pada suatu bahan yang inert dan tidak larut (matriks) tanpa mempengaruhi aktivitas katalitik enzim sehingga dapat meningkatakan stabilitas enzim dan dapat digunakan secara berulang. Keberadaan silika gel yang melimpah ruah dapat digunakan sebagai matriks dalam proses imobilisasi enzim. Silika gel memiliki sifat adsorptif dengan adanya gugus aktif berupa silanol dan siloksan pada permukaannya hal ini didukung dengan morfologi permukaan yang berpori menjadikan silika mampu menjadi adsorben. Berdasarkan sifat tersebut silika gel memiliki potensi sebagai matriks pengemban proses imobilisasi enzim dengan metode adsorpsi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan silika gel dalam mengimobilisasi enzim dengan metode adsorpsi menggunakan enzim Trypsine Bovine Pancrease sebagai enzim model. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) kemampuan silika sebagai matriks dalam imobilisasi enzim Trypsine B.P. (2) keadaan optimum proses imobilisasi enzim meliputi kecepatan pengadukan waktu pengadukan dan suhu inkubasi imobilisasi enzim dan (3) keberulangan penggunaan enzim Trypsine B.P. imobil pada matriks silika gel. Penelitian bersifat eksperimental laboratoris dan terbagi dalam 4 tahap yaitu (1) pembuatan matriks silika gel (2) karakterisasi matriks silika gel (3) kondisi optimum imobilisasi enzim tripsin pada matriks silika gel dalam variasi waktu dan kecepatan pengadukan (4) uji keberulangan enzim Trypsine B.V. imobil dengan melalui pengukuran aktivitas enzim dengan metode ANSON. Hasil penelitian yang diperoleh (1) silika gel dapat menjadi matriks dalam proses imobilisasi enzim tripsin dengan cara mengabsorpsi enzim tripsin dengan kapsitas adsorpsi sebesar 65 104 U/g (2) keadaan optimum imobilisasi pada kecepatan pengadukan 50 rpm selama 120 menit pada suhu inkubasi 4oC dengan aktivitas enzim sebesar 7 765 U/mL dan (3) keberulangan enzim imobil sebanyak 6x siklus dengan persentase penurunan aktivitas enzim sebesar 44 2 % .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24043

Actions (login required)

View Item View Item