Identifikasi tingkat pemahaman konsep asam-basa arrehenius dan bronstead-lowry dalam deskripsi verbal dan model pada siswa kelas II MAN Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Abdul Syukur - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi tingkat pemahaman konsep asam-basa arrehenius dan bronstead-lowry dalam deskripsi verbal dan model pada siswa kelas II MAN Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Abdul Syukur

Syukur, Abdul (2007) Identifikasi tingkat pemahaman konsep asam-basa arrehenius dan bronstead-lowry dalam deskripsi verbal dan model pada siswa kelas II MAN Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Abdul Syukur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep dalam ilmu kimia ada dua kategori yaitu konsep kongkrit dan konsepte rdefinisi( Gagned alamD ahar 1 998).K onsepk ongkritd iperolehd ari wngamatanl angsungs iswa dari gejalaa lam atau dari percobaand i laboratorium. Sedangkakno nsept erdefinisim erupakans uatuk onsepy angd ideskripsikan. Konsept erdefinisim erupakank onsepy anga bstrakp enyajiannydaa patm elalui deskripsvi erbald and eskripsmi odel.D eskipsi modely aitum enyajikank onsep dengank alimat sedangkand eskripsim odel menyajikank onsepd enganm odel atau gambarm odel.P enelitianin i bertujuanu ntukm engetahuki emampuasni swa MadrasahA liah (MA) dalamm endeskripsikakno nseps ecarav erbald anm odel asam-basAar rheniusd anB ronsted-Lowry. _ Metodey angd igunakand alamp enelitianin i adalahn retoded eskriptif Populaspi enelitianin j adalahs iswak elasI I MAN RejotangaTnu lungaguntga hun pelajaran2 00112002y a ngt erdiri dari empatk elas b erdasarkanni lai raia-rata cawy lJ tahunp elajaran2 0011200s2e muanyma erupakank erash omogens. ampel penelitianin i adalahs iswak elasI IA danI IC sebanyak8 7 siswa.I nstnrmen penelitian ini berupa soal tes obyektif yang terdirj dari I0 soal aspek pemahaman konsepv erbald an6 soala spekp emahamakno nsepm odel d enginv liditas antara 0 331s ampadi engan0 661d ank oefisienr eliabilitasd ihitungd enganru mus Kuder-Riohardso2n0 sebesa0r 668.B anyaknyas isway angd apatm endeskripsikan konseps ecarav erbald anm odela sam-basAar rheniusd in Bronsted-Lowry dinyatakand enganp ersentase. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwab anyaknyas isway angm emahami konsepA rrhenius y angm eliputi a ) asamk ual gvos iswad apatmendesirripsikan secarav erbald anr nodeld enganb enar 1 0%soi swad apatm endeskripsikasne cara verbald eiryanb enart etapis ecaram odels alah 5 5%s iswad apatm endeskripsikan secaram odeld enganb enart etapis ecarav erbal salah 25os/ois wat idak dapat mendeskripsikabna ik secarav erbalm aupunm odeld enganb enar b ) asaml emah 7o/os iswad apatm endeskripsikasne carav erbald anm odeld enganb enar 25o/o dapatm endeskripsikasne carav erbald enganb enart elapis ecarim odel salah1. 4 oh js4i)siw sadi sawpaat tird naekn ddaepsaktrm ipesnikdaesnse kcraiprasm ikoa.binea lid ke snegcaanrba ve enrabrat elm taapuis peucnma roavd eerbld aelsn aglaanh benar c ) basak uat l5% siswad apatm endeskripsikabna ik secirav erbald an modeld enganb enar 2o/soi swad apatm endeskipsikans ecarav erbald enganb enar tetapis ecaram odels alah 5 2% siswad apatm endeskripsikasne caram odil dengan benart etapis ecarav erbals alah 3 I % siswat idak dapatm endeskripsikabna ik secarav erbalm aupuns ecaram odeld enganb enar d ) basal emah 1 60/osi swad apat mendeskripsikasne carav erbald anm odeld enganb enar 2Uos/ois wad apat mendeskripsikasne carav erbald enganb enart etapis alahs ecaram odel 1 7%s iswa dapatm endeskripsikasne caram odeld enganb enart etapis alahs ecarav erbal 4SYo siswat idak dapatm endeskripsikabna ik secarav erbalm aupunm odeld enganbenar. Sisway angd apatm emahamki onsepa sam-basBar onsted-Lowryy a ngm eliputi a ) asamB ronsted-Lowry6 % siswad apatm endeskripsikabna ik secarav erbal maupuns ecaram odeld enganb enar l4Vos iswad apatm endeskripsikasne cara verbal denganb enart etapi salahs ecaram odel 3 6%os iswad apatm endeskripsikan secaram odel denganb enart etapi salahs ecarav erbal 4 4%os iswat idak dapat mendeskripsikabna ik secarav erbalm aupunm odel b ) basaB ronsted-Lowry1 5% siswad apatm endeskripsikabna ik secarav erbalm aupuns ecaram odeld engan benar SlYos iswad apatm endeskripsikasne carav erbald enganb enarteiapsi alah secaram odel l 3o4 siswad apatm endeskripsikasne caram odeld enganb enart etapi salahs ecarav erbal 22o/soi swat idak dapatm endeskripsikabna ik secaiev erbal maupuns ecaram odeld enganb enar. Berdasarkadna tap enelitiante rsebutte rlihatb ahwat ingkatp emahaman siswaM AN Rejotangank elasI I tahunp elajaran2 001/2002te rhadapk onsepa sarnbasaA rrheniusd anB ronsted-Lowryd alamp endeskripsiasne carav c.rbadl anm odel masihr elatif rendahH. al ini mungkind isebabkana danyak esulitans iswad alam menafsirkanis tilahy angt erdapapt adad eskripsvi erbala taut idakd itunjukkannya konsept ersebumt elaluid eskripsmi odelo lehg urup engajamya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22495

Actions (login required)

View Item View Item