Pemahaman siswa kelas III IPA dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam memahami konsep larutan buffer di SMUN 2 Tuban / oleh Rumiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman siswa kelas III IPA dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam memahami konsep larutan buffer di SMUN 2 Tuban / oleh Rumiyati

Rumiyati (2007) Pemahaman siswa kelas III IPA dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam memahami konsep larutan buffer di SMUN 2 Tuban / oleh Rumiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsepd alami lmu kimia memiliki sifat yangb erjenjangK. onsepy ang soderhanmae rupakand asard alamm emahamik onsepy ang lebih kompleks.L arutan bufermerupakank onsepy ang kompleksk arenau ntuk memahamik onsepi ni dihxuhkanp emahamakno nsepkonsepy ang lebih sederhanas ebagadi asamya. Msalnyap ersamaarne aksia sam-basak e setimbanganre aksi p enamaa z tt-zatymrg tcrlibt dalamr aal i dan perhitunganp H larutan.T ujuan penelitiani ni adalahu ntuk ncngetahu(il ) tinekat pemahamans iswat erhadapp engertiargc ontohd an sifat brubn buffer ( 2) tingkat pemahamans iswad alamp enulisanp ersamaanre aksi kxctimbanganla rutanb uffer (3) tingkat pemahamans iswad alamp enurunann rmus ffi atau[ Ofil dan persamzurrne aksik esetimbanganla rutanb ufler (4) tingkat pcmahanansi swad alamp enurunanr umusp H ataup OH dari rumusanf fi atau [OH larutanb utrer ( 5) tingkat pemahamans iswad alamp enentuanp H larutan hfrcr (6) letak kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep larutan buffcr. Penelitianin i merupakanp enelitiand iskriptif yang ingin mengungkapti ngkat pcmsltatnadna nk esulitand alamm empelajaril arutanb uffer. Populasid alam pcnelitiana dalahs iswak elasI II IPA SMLIN 2 Tubanr ahun plajaran200t/2002 yongb erjumlah1 89s isway angt erbagid alam3 kelasy aitu III IPA-I berjumlah4 0 IIIIPA-2 berjumlah3 9 danI II IPA-3 berjumlah3 9 siswa.K elasI II IPA-1 danI II IPA-2 adalah kelas biasa tetapi kelas III IPA-3 merupakan kelas unggulan. Srnpel larn penelitianin i adalahs eluruhs iswak elas III IPA-2 dan 19 siswak elasI II IPA-3 yrng diambils ecaraa cak.S ehinggaju mlah sampel adalah5 7 siswa.L Intuk ncmperolehd atad igunakante s pemahamante ntangm ateri larutanb uffer yangt erdiri drri 22 butir soals ubyektify ang semuanyav alid dengant ingkat validrtas9 6%- 10096m empunyadi ayab edad enganr incian 15 soal termasukc ukup 3 soal esnasukb aik dan4 soalt ermasukb aik sekali t ingkat kesukarand enganr incian Z rorl tcrmasukm udah I I soalt ermasuks edangd an 4 soalt ermasuks ukar koefisien tdilbilihs 0 67. Metode yang digunakan untuk mengolah data adalah dengan ncnghihmgp enentaseja wabans isway ang benard alam menyelesaikans oal-soal pcmahanante rsebuyt angk emudiand ikualifikasikan kedalamt ingkatanp emahaman. I asil penelitiany angd iperolehm enunjukkanb ahwa( l) tingkat pemahaman riswl kclu III IPA SMUN 2 Tubant erhadapp engertian c ontohd an sifat larutan hftr adalahc ukupd enganp ersentase7 2% ( Z) tingkat pemahamans iswak elasI II IPA SMUN 2 Tuban dalam penulisanp ersamaanre aksik esetimbanganla rutanb uffer adalahc ukupd enganp ersentase5 6% (3) tingkat pemahamans iswak elasI II IPA SMU2 Tuband alamp enurunanr umus [HJ atau rumus [OHl dari persamaanre aksi kesctimbangalanr utanb uffer adalaht idak baik (sangatk urang)d enganp ersentase 33% ( 4) tingkatp emahamans iswak elast rI IPA SMUN 2 Tuban dalamp enurunan nunus pH atau pOH dari rumusan [ffJ atau [OHl larutan buffer adalah cukup denganp ersentas5e9 % (5) tingkat pemahamans iswak elasI II IPA SMUN 2 Tuban dalamp enennrapnH larutanb uffer adalahc ukup denganp ersentase7 4o/o( 6 )letak kesulihn yang dihadapi siswa kelas trI IPA SMUN 2 Tuban dalam memahami konsepla rutanb uffer adalahm emberikanc ontoh larutanb uffer yang terd iria tas oEmpuraans aml emahb erlebihd enganb asak uat memberikanc ontohl arutanb uffer ysngt erdiria tasc ampuranb asal emahb erlebihd engana samk uat p enulisan pcnamsfllr eaksik esetimbanganla rutanb uffer yang terdiri atasc ampuranb asa lemah berlebih dengan asam kuat dan penurunan rumus ffi atau rumus tOHl dari persamaarne aksik esetimbangalna rutanb uffer. Berdasarkanh asil penelitiand iatas disaranka(nl) guru hendaknyam emberikant ekananp adam ateri konsepm ol khsusnyar eaksip embatask arenam ateri ini adalahd asaru ntuk memahammi ateri larutanb uffer d anm emberikanla tihan soaly ang dapatm engaplikasikanp emahaman sisnrate nbng hal tersebut ( 2) siswah endaknyab elajar secarat erstrukturk arena konsepk imia yangs atud engany ang lainnya salingb erkaitan ( 3) mahasiswa progran studi pendidikan kimia yang ingin melakukan penelitian dengan materi yang samah endaknyam engambils ampely ang lebih besarm isal SMU se-Kabupatena tau se-Kodva.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22484

Actions (login required)

View Item View Item