Rancang bangun sistem pemanas air berdaya rendah berbasis mikrokontroler / Lailatul Ilmiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem pemanas air berdaya rendah berbasis mikrokontroler / Lailatul Ilmiah

Ilmiah, Lailatul (2018) Rancang bangun sistem pemanas air berdaya rendah berbasis mikrokontroler / Lailatul Ilmiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Ilmiah L. 2018. Rancang Bangun Sistem Pemanas Air Berdaya Rendah Berbasis Mikrokontroler. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Heriyanto S.Pd M.Si (II) Nugroho Adi Pramono S.Si M.Sc Kata Kunci Pemanas Air Berdaya rendah Sensor DS18b20 Microcontroller ATmega328. Pemanas air atau heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang tidak menggunakan kompor api alat ini menggunakan energi listrik gas tenaga panas matahari. Pemanas air yang saat ini beredar di masyarakat dirasa memiliki konsumsi daya listrik yang cukup besar. Setiap kali penggunaan alat pemanas air masyarakat tidak mengetahui bahwa air yang sudah dipanaskan telah mencapai suhu yang diinginkan dan kerena hal tersebut masyarakat membiarkan pemanas air terus menyala sampai air menguap berlebihan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu untuk dilakukan pengembangan teknologi pemanas air yang berdaya rendah. Dalam penelitian ini ialah tentang sistem pemanas air berdaya rendah menggunakan sensor suhu DS18b20 untuk mengetahui besaran suhu secara real time. Heater pada rangkaian sistem pemanas tersebut dirangkai seacra seri untuk menghasilkan nilai hambatan yang besar dengan kuat arus listrik yang menaglir rendah sehingga daya yang dihasilkan rendah. Seluruh komponen penyusun sensor telah diuji dan diintegrasi dalam satu rangkaian sederhana bersama dengan Microcontroller ATMEGA328P sebagai pengolah data. Hasil pengukuran ditampilkan melalui LCD (Liquid Crystal Display) dan buzzer. Berdasarkan pengukuran dan analisis data hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa sitem pemanas air memiliki nilai daya sebesar 176 watt dengan waktu rata-rata 2 menit 6 detik pada kenaikan suhu sebesar 2 C suhu air yang telah dipanaskan ditampilkan pada LCD (Liquid Crystal Display) dan suara melalui buzzer. Kesimpulan secara keseluruhan dapat dibuktikan bahwa Rancang Bangun Sistem Pemanas Air Berdaya Rendah Berbasis Mikrokontroler dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20948

Actions (login required)

View Item View Item