Implementasi strategi konflik kognitif dengan eksperimen untuk memperbaiki miskonsepsi pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Hestiningtyas Yuli Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi strategi konflik kognitif dengan eksperimen untuk memperbaiki miskonsepsi pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Hestiningtyas Yuli Pratiwi

Pratiwi, Hestiningtyas Yuli (2011) Implementasi strategi konflik kognitif dengan eksperimen untuk memperbaiki miskonsepsi pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Hestiningtyas Yuli Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Strategi konflik kognitif eksperimen miskonsepsi Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 9 Malang diketahui bahwa pemahaman konsep materi fisika masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi metode pembelajaran metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi konflik kognitif serta pengaruhnya terhadap perbaikan miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif. Uraian dalam laporan bersifat deskribtif dalam bentuk uraian kata-kata. Tindakan yang diberikan adalah strategi konflik kognitif dengan menggunakan eksperimen. Subyek penelitian ini adalah kelas X8 yang terdiri dari 13 siswa putra dan 24 siswa putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi tes kuesioner observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian Implementasi strategi konflik kognitif dengan eksperimen untuk memperbaiki miskonsepsi pokok bahasan suhu dan kalor terlaksana dengan baik dengan persentase keterlaksanaan semakin meningkat selama siklus I dan siklus II dan miskonsepsi juga dapat diperbaiki dilihat dari nilai tes akhir siklus semakin meningkat selama siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20408

Actions (login required)

View Item View Item