Survei motivasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) siswa SMP Negeri se-Kota Malang / Jefryson Solukh - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei motivasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) siswa SMP Negeri se-Kota Malang / Jefryson Solukh

Solukh, Jefryson (2021) Survei motivasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) siswa SMP Negeri se-Kota Malang / Jefryson Solukh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pentingnya motivasi dalam suatu hal yang baru terutama dalam hal belajar sangat diperlukan bagi peserta didik dengan bantuan motivasi siswa mampu menjadi penggerak dalam diri siswa itu sendiri dimana siswa akan memiliki tujuan belajar yang dikehendaki guru olahraga. Pemberian motivasi ini guna untuk siswa lebih mendalami apa yang sedang dilakukan pada saat itu. Dengan kata lain motivasi diberikan untuk siswa agar lebih mengetahui tujuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah. Berdasarkan studi kepustakaan terdahulu beberapa penelitian motivasi hanya mencakup Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik belum mencangkup kepada 5 kategorimotivasi (Intrinsic Motivation Identified Regulation Introjected Motivation Eksternal Regulation Motivation). Dan penelitiantentangMotivasiPembelajaran Pendidikan JasmaniOlahragaSiswa SMP Negeri Se- Kota Malang belumada.Penelitianinibertujuanuntukmengkajisertamenganalisismotivasisiswa dan siswi SMK se-Kota Malang dalammengikuti PJOK. Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkuantitatif. Dimana subjekpenelitianberjumlah 1114 respondenterdiridarikelas VII VIII dan IX SMP Negeri Se- Kota Malang denganmenggunakanpengambilansampelCluster Random Sampling. Instrumentes yang dipilihadalahmenggunakanangketberbasisonline (Google Form) dan offline. Hasil data analisismotivasisiswa SMP Negeri Se-Kota Malang dari masing-masing kategori motivasi yang paling dominan pada intrinsic motivation yaitu memuaskan identifie regulation semua indikator memiliki hasil yang sama introjected regulation yang paling dominan yaitu Takut eksternal regulation yang paling dominan yaitu cemas motivation yang paling dominan yaitu membuang waktu. Dari ke lima kategori motivasi yang paling dominan intrinsic motivation. Ini menandakan bahwa masih banyak siswa yang termotivasi dari dalam dirinya untuk mengikuti PJOK tanpa ada paksaan atau dorongan dari luar maupun lingkungan tempat ia tinggal dan belajar. Intrinsik Motivation paling tinggi sebesar 25% dan indikatormotivationmenunjukkan persentase yang paling rendah sebesar 13%.Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapat motivasi intrinsik yang berasal dari dalam karena itu guru perlu merangsang motivasi dari dalam diri siswa tersebut agar bisamengikutipembelajarandenganbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198566

Actions (login required)

View Item View Item