Setiawan, Fajar Rifqi Setiawan (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran tpsr berbasis keterampilan sosial pelajaran pjok kelas xi materi aktivitas kebugaran jasmani / Fajar Rifqi Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan adalah suatu media yang memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat secara langsung dalam aneka pengalaman belajar guna mendorong perkembangan keterampilan motorik kemampuan fisik pengetahuan penalaran penghayatan nilai-nilai meliputi sikap mental emosional spiritual dan sosial serta pembiasaan pola hidup sehat guna menyeimbangkan antara pertumbuhan dan perkembangan siswa. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan didapati ketidakefektifan penerapan perangkat pembelajaran yang disebabkan oleh isi dari perangkat pembelajaran yang kurang spesifik dan kurang relevan dengan karakteristik siswa terhadap kompetensi yang harus dicapai sehingga diperlukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran TPSR pada pembelajaran PJOK. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran PJOK pada materi aktivitas kebugaran jasmani khususnya pada siswa kelas XI SMA/MA/SMK/MAK berdasarkan model pembelajaran Teaching Personal and Social Responsibility untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui aktivitas jasmani tanpa mengesampingkan aspek kognitif dan aspek psikomotorik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development atau R amp D yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Focus Group Discussion (FGD) dan angket atau kuisioner. Validasi ahli dilakukan oleh satu orang ahli keterampilan sosial satu orang ahli media pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan satu orang ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Berdasarkan hasil analisis data dari koreksi tiga para ahli produk pengembangan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran masih terkesan Teacher Center memiliki kekurangan secara definitif pada langkah ndash langkah pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memerlukan penjelasan lebih detail pada keterangan nilai predikat pada penilaian hasil belajar dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Produk pengembangan telah disempurnakan berdasarkan koreksi dari ketiga ahli. Hasil validasi ahli terhadap produk maka produk pengembangan model pembelajaran Teaching Personal And Social Responsibility berbasis keterampilan sosial mata pelajaran PJOK kelas XI SMA/MA/MK pada materi kebugaran jasmani ini dinyatakan memenuhi syarat untuk diterapkan pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan dinilai sesuai dengan kurikulum yang berlaku serta cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198542 |
Actions (login required)
View Item |