Nurhanafia, Annisa Cikal Maharani (2021) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa prodi PJKR-FIK Universitas Negeri Malang angkatan 2017 antara semester genap 2018/2019 dengan semester genap 2019/2020 /Annisa Cikal Maharani Nurhanafia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pandemi Covid-19 yang menyerang di semua negara khususnya di negara Indonesia pada tahun 2020 ini merubah metode pembelajaran pada jenjang Pendidikan yang ada di Indonesia khususnya pembelajaran dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai jenjang Perguruan Tinggi atau Universitas. Tahun pelajaran akademik 2018/2019 semester genap pembelajaran menggunakan sistem luring/tatap muka namun pada semester genap 2019/2020 yaitu menggunakan dua sistem pembelajaran yaitu pembelajaran luring dan daring. Kondisi tersebut terdampak pada hasil belajar seperti pada matakuliah. Pembelajaran teori dan praktik pada semester genap 2018/2019 menggunakan sistem pembelajaran tatap muka namun semester genap 2019/2020 dengan adanya situasi covid 19 pembelajaran menggunakan dua metode yaitu luring dan daring. Hal ini berdampak pada capaian hasil belajar. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pada kedua sistem tersebut solusinya dilakukan penelitian tentang Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi PJKR-FIK Universitas Negeri Malang Angkatan 2017 Semester Genap 2018/2019 dengan genap 2019/2020 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji ada tidaknya perbedaan yang signifikan nilai prestasi belajar matakuliah teori dan matakuliah praktek mahasiswa angkatan 2017 Off A antara semester genap 2018/2019 dengan genap 2019/2020 pada prodi PJKR FIK Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif bentuk causal comparative dan metode pendekatan yang digunakan expost facto. Populasi penelitian mahasiswa prodi PJKR-FIK-UM angkatan 2017 Off A berjumlah 39 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan porsi 95% sehingga sampel berjumlah 37 orang. Penelitian ini menggunakan instrument non tes yaitu dokumentasi dan pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi berupa KHS. Data dianalisis menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas data dan uji homogenitas data menggunakan teknik Fmax. Pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel tidak berhubungan dengan 945 0 05. Hasil analisis data uji normalitas Dhitung Dtabel 945 0 05 berarti data yang diperoleh berdistribusi normal dan uji homogenitas diperoleh Fmax Ftab 945 0 05 berarti data tidak homogen dan hasil uji t koefisien thitung 8805 ttabel. 945 0 05 berarti ada perbedaan yang signifikan nilai prestasi antara semester genap (sebelum pandemic covid-19) 2018/2019 dengan semester genap 2019/2020 (sebelum dan saat pandemi Covid-19). Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sinifikan hasil prestasi belajar antara semester genap 2018/2019 (sebelum pandemi Covid-19) dengan semester genap 2019/2020 (sebelum dan saat pandemi) tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194938 |
Actions (login required)
View Item |