Pengembangan instrumen evaluasi quizizz pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan di SMK / Rahmanita Zahra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen evaluasi quizizz pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan di SMK / Rahmanita Zahra

Zahra, Rahmanita (2020) Pengembangan instrumen evaluasi quizizz pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan di SMK / Rahmanita Zahra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zahra Rahmanita. 2020. Pengembangan Instrumen Evaluasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Di SMK. Skripsi Progam Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Instrumen Evaluasi Quizizz Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk menghasilkan alat evaluasi yang inovatid berupa kuis online menggunkan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan di SMKN 1 Kemlagi 2) untuk menghasilkan buku panduan penggunaan aplikasi Quizizz 3) untuk mengetahui kelayakan instrument evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan di SMKN 1 Kemlagi Mojokerto. Media evaluasi merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan merangsang minat siswa fikiran dan perasaaan sehingga dapat menciptakan sebuah proses belajar dalan diri peserta didik. Lalu Quizizz adalah sebuah aplikasi untuk evaluasi berbasis website untuk membuat sebuah kuis interaktif yang dapat digunakan dalam suatu proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah 30 siswa kelas X DPIB SMKN 1 Kemlagi. Instrument pengambilan data yang digunkaan dalam penelitian ini meliputi wawancara angket tes online menggunakan aplikasi Quizizz dan dokumentasi. Uji analisis yang digunakan adalah validasi item soal dan reliabilitas dengan analisis data dari hasil validasi ahli media hasil validasi ahli assesmen dan validasi respon siswa. Hasil uji analisis yang diperoleh yaitu 1) nilai persentase akhir dari ahli Assesmen sebesar 81% dan dari ahli Media sebesar 81% 2) reliabilitas evaluasi yang didapat yaitu 0 956 pada uji coba dan 0 916 pada uji keseluruhan 3) respon awal siswa terhadap penilaian instrument evaluasi pembelajaran menggunakan Quizizz mendapat rata-rata persentase sebesat 83% sedangkan respon akhir siswa mendapat rata-rata persentase sebesat 84%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan 1) instrument tes produk evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz sangat layak digunakan 2) instrument evaluasi pembelajaran dinyatakan reliabel karena r11 gt 0 70 Reliabel 3) instrument evalusai yang dikembangkan dapat digunakan dengan kriteria ldquo Sangat Layak rdquo pada pembelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan siswa Kelas X DPIB di SMKN 1 Kemlagi Mojokerto Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194639

Actions (login required)

View Item View Item