Hubungan antara lokus kendali dan kematangan karier siswa MAN Malang 1 / Ameylia Prima Harining Praja - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara lokus kendali dan kematangan karier siswa MAN Malang 1 / Ameylia Prima Harining Praja

Praja, Ameylia Prima Harining (2010) Hubungan antara lokus kendali dan kematangan karier siswa MAN Malang 1 / Ameylia Prima Harining Praja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prima Ameylia. 2010. Hubungan antara Lokus kendali dan Kematangan Karier Siswa MAN Malang 1. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Andi Mappiare AT M.Pd (II) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata Kunci lokus kendali kematangan karier Kematangan karier berperan penting dalam pengambilan keputusan pilihan pekerjaan atau pendidikan lanjutan yang mempersiapkan seseorang untuk suatu pekerjaan tertentu secara realistik. Oleh karena itu perlu adanya suatu pengukuran untuk mengetahui sejauhmana kematangan karier siswa dan sifat kepribadian yang dapat mempengaruhi kematangan karier tersebut. Lokus kendali yang mengarah pada anggapan individu tentang kendali dirinya terhadap peristiwa dalam hidup yang cenderung internal atau eksternal merupakan salah satu variabel yang perlu diteliti sebagai salah satu variabel yang mempengaruhi kematangan karier. Siswa yang mempunyai lokus kendali internal lebih mandiri dalam pemilihan karier karena siswa tersebut berusaha sendiri dengan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai apa yang diinginkan. Sebaliknya siswa dengan lokus kendali eksternal lebih menyerahkan keputusan kariernya pada nasib/keberuntungan dan kekuatan lain di luar dirinya. Bertitik tolak dari latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan variasi lokus kendali (2) mendeskripsikan variasi kematangan karier (3) mengetahui korelasi atau hubungan antara lokus kendali dan kematangan karier siswa MAN Malang 1. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI regular MAN Malang 1 yang berjumlah 207 siswa. Sedangkan yang digunakan sebagai sampel penelitian berjumlah 72 siswa berdasarkan pada teknik cluster sample yang dilakukan secara acak untuk tiap jurusan kelas XI di MAN Malang 1. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala lokus kendali dan skala kematangan karier. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara lokus kendali dan kematangan karier pada siswa kelas XI MAN Malang 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum siswa MAN Malang 1 mempunyai lokus kendali agak internal yang lebih banyak jika dibanding dengan lokus kendali sangat internal agak eksternal dan sangat eksternal (2) secara umum siswa MAN Malang 1 mempunyai matang karier yang lebih banyak jika dibanding dengan sangat matang karier kurang matang karier dan belum matang karier (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara lokus kendali dan kematangan karier pada siswa MAN Malang 1. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada siswa untuk mengembangkan lokus kendali internal demi pencapaian kematangan kariernya. Konselor diharapkan membantu kematangan karier siswa dengan mengembangkan materi bimbingan karier. Pihak sekolah juga perlu mendukung pelaksanaan layanan bimbingan karier. Sedangkan orang tua hendaknya dapat memberikan kebebasan yang terarah kepada anak dalam pemilihan kariernya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item