Media interaktif materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar untuk kelas IV SD / Mutia Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Media interaktif materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar untuk kelas IV SD / Mutia Fatmawati

Mutia Fatmawati (2007) Media interaktif materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar untuk kelas IV SD / Mutia Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmawati Mutia. 2007. Media Interaktif Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar untuk kelas IV SD. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dra. Susy Kuspambudi A M.Kom. (II). Dra. Tri Hapsari U M.Pd. Kata kunci Media Interaktif Kelipatan Persekutuan Terkecil Faktor Persekutuan Terbesar Dewasa ini keberadaan komputer yang merupakan salah satu hasil inovasi perkembangan teknologi berkembang cukup pesat. Dalam dunia pendidikan seperti pendidikan matematika pemanfaatan komputer dikenal dengan istilah PBK (Pembelajaran Berbantuan Komputer) atau CAI (Computer Assisted Instruction). Salah satu cabang ilmu matematika adalah Teori Bilangan yang memuat pokok bahasan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dari 2 atau 3 bilangan bulat. Untuk memperjelas gambaran konsep tersebut kepada siswa maka dalam pembelajarannya melalui media pembelajaran berbantuan komputer sebaiknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi nyata (contextual problem). Media pembelajaran untuk konsep KPK dan FPB disusun dengan mengacu pada kurikulum 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memuat pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual. Selain itu format penyajian konsepnya berupa format tutorial dan drill and practice. Hal ini bertujuan agar siswa secara bertahap dapat mengembangkan kemampuan berfikirnya serta memantapkan pemahaman konsepnya. Dalam pembuatan media pembelajaran ini digunakan software animasi yang berupa Macromedia Flash MX 2004. Dari pembuatan media pembelajaran ini dihasilkan media pembelajaran yang didesain untuk pembelajaran individu sehingga siswa akan lebih mudah menggunakan sendiri tanpa bimbingan guru. Selain itu media pembelajaran disajikan dalam 3 bagian yaitu materi contoh soal dan soal. Setelah dilakukan evaluasi dan analisis hasil media pembelajaran tersebut diperoleh kesimpulan bahwa secara keseluruhan semua responden bersikap positif terhadap media ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15089

Actions (login required)

View Item View Item