Media pembelajaran berbasis video tutorial melalui aplikasi mobile dengan model pembelajaran contextual teaching learning (ctl) untuk meningkatkan unit produksi jurusan (upj) bidang fotografi siswa smk muhammadiyah 2 malang / Muhamad Yunan Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran berbasis video tutorial melalui aplikasi mobile dengan model pembelajaran contextual teaching learning (ctl) untuk meningkatkan unit produksi jurusan (upj) bidang fotografi siswa smk muhammadiyah 2 malang / Muhamad Yunan Pradana

Pradana, Muhamad Yunan Pradana (0000) Media pembelajaran berbasis video tutorial melalui aplikasi mobile dengan model pembelajaran contextual teaching learning (ctl) untuk meningkatkan unit produksi jurusan (upj) bidang fotografi siswa smk muhammadiyah 2 malang / Muhamad Yunan Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam ilmu pengetahuan serta teknologi sekarang menuntut untuk mengupayakan pembelajaran efektif dan inovatif diperlukan adanya sebuah inovasi yang berbasis teknologi untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial melalui aplikasi mobile tersebut salah satu dari sekian banyak inovasi. Hasil observasi dan wawancara informal di SMK Muhammadiyah 2 Malang ditemukan yakni materi fotografi dianggap kurang luas alokasi waktu yang diberikan juga belum cukup penggunaan metode dan media pembelajaran dari guru masih belum membantu peserta didik belajar materi secara utuh dan pemanfaatan perangkat pembelajaran berbasis aplikasi mobile kurang maksimal. Tujuan penelitian ini yakni mengembangkan dan mendesain media pembelajaran berbasis video tutorial melalui aplikasi mobile dengan model pembelajaran contextual teaching learning untuk unit produksi jurusan (UPJ) SMK. Penelitian dan pengembangan ini terdapat tahapan untuk menguji kelayakan media pembelajaran dan mengindikasi peserta didik setelah diberikan media pembelajaran dengan mengikuti langkah-langkah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis) desain (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mampu menghasilkan produk media pembelajaran video tutorial dengan aplikasi mobile bernama l-photograph (2) media pembelajaran ini dinyatakan valid digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari rerata skor kevalidan ahli media sebesar 90 78% dengan kategori valid rerata skor kevalidan ahli materi sebesar 100% dengan kategori valid rerata skor kevalidan kelompok kecil sebesar 78.12% dengan kategori valid dan rerata skor kevalidan kelompok besar sebesar 72.36% dengan kategori cukup valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143697

Actions (login required)

View Item View Item