Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality menggunakan model discovery learning sebagai bahan ajar mata pelajaran basis data pada kelas xi jurusan rpl / NANDA ARDHIA BAGASKARA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality menggunakan model discovery learning sebagai bahan ajar mata pelajaran basis data pada kelas xi jurusan rpl / NANDA ARDHIA BAGASKARA

Bagaskara, Nanda Ardhia Bagaskara (0000) Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality menggunakan model discovery learning sebagai bahan ajar mata pelajaran basis data pada kelas xi jurusan rpl / NANDA ARDHIA BAGASKARA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi semakin pesat. Hal ini dibuktikan dengan hasil studi poling CNBC Indonesia yang bekerja sama dengan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Bahwa pengguna internet pada tahun 2018 di Indonesia sudah mencapai 171 17 juta jiwa. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 27 92 juta jiwa dari total penduduk sejumlah 264 16 juta jiwa. Penambahan pengguna Internet di Indonesia dipengaruhi oleh cepatnya perkembangan teknologi yang dimana dalam 2 bulan sekali selalu terdapat perangkat gawai baru yang diluncurkan oleh produsen. Saat ini dalam masa pandemi proses pembelajaran haruslah dapat membuat siswa menyukai dan ingin mengikuti dengan serius kegiatan pembelajaran yang disajikan oleh pengajar. Pada SMKN 6 Jember Guru menggunakan bantuan kelasonlineberupaGoogle Class Roomuntuk mengkoordinir siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Guru menyampaikan kepada peserta didik melalui grupchattingsupaya siswa membuka materi pelajaran dan tugas yang telah disiapkan oleh guru pada kelas online tersebut. Materi yang sering diberikan oleh guru berupa powerpoint atau modul untuk siswa. Powertpoint atau modul cenderung monoton dan tidak terdapat animasi atau permainan dalam materi tersebut. Sehingga beberapa siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman materi yang disampaikan. Pada era saat ini pembelajaran dapat dilakukan dengan banyak cara. Supaya pembelajaran menjadi lebih interaktif menyenangkan menantang dan memotivasi salah satu caranya adalah dengan menggunakan media pembelajran. Penggunaan media sendiri membantu guru atau pemateri dalam menyampaikan maksud yang di inginkan. Pertimbangan yang harus diperhatikan dalam pembuatan media yaitu tujuan pembelajaran yang sesuai efektif tidak kaku biaya dan kualitas dari media tersebut. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang masih terus berkembang adalah media pembelajaran yang menggunakan realitas kedalam medianya. Realitas ini sendiri ada beberapa jenis seperti AR (Augmented Reality) VR (Virtual Reality) dan MR (Mixed Reality) yang menggabungkan antara AR dan VR. Augmented Reality sendiri merupakan aplikasi penggabungan karakter digital yang di proyeksikan ke dalam lingkungan nyata dalam waktu yang relatif bersamaan. Sedangkan Virtual Reality sendiri merupakan aplikasi yang menggambarkan lingkungan digital yang diproyeksikan langsung ke mata sehingga pengguna merasakan seperti berada dalam aplikasi tersebut. Dari permasalahan yang telah disampaikan sebelumnya penulis memberikan solusi berupa ldquo Pengembangan media pembelajaran berbasisAugmented Realitymenggunakan metode Discovery Learning sebagai bahan ajar mata pelajaran basis data pada kelas XI Jurusan RPL rdquo . Dalam pengembangan media pembelajaran AR ini penulis menggunakansoftwareUnity dan Vuforia. Dengan memanfaatkan media pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat tetap semangat dalam melaksanakan pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143693

Actions (login required)

View Item View Item