Agustina, Via Agustina (2021) pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan stem dengan model pbl untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas xi mipa di sman 7 malang / via agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk dikuasai oleh siswa dikarenakan dapat berpengaruh terhadap cara berpikir dan hasil belajar. Perangkat pembelajaran berbasis STEM dengan model PBL merupakan salah satu solusi yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasikan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan model PBL yang sangat valid sangat praktis untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA SMAN 7 Malang. Model pengembangn yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Hasil validasi silabus oleh ahli perangkat praktisi pendidikan biologi sebesar 100% 88% dengan kriteria sangat valid RPP oleh ahli perangkat ahli materi praktisi pendidikan biologi sebesar 99% 100% 87% kriteria sangat valid UKBM oleh ahli perangkat ahli materi praktisi pendidikan biologi sebesar 100% 97% 88% dengan kriteria sangat valid instrumen penilaian berpikir kritis oleh ahli assesmen praktisi pendidikan biologi sebesar 90% kriteria sangat valid instrumen penilaian hasil belajar kognitif oleh ahli assesmen praktisi pendidikan biologi sebesar 88% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan silabus RPP UKBM instrumen penilaian berpikir kritis instrumen penilaian hasil belajar kognitif oleh praktisi pendiikan biologi sebesar 85% 81% 85% 88% dan 86% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan UKBM oleh siswa sebesar 88% dengan kriteria sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143490 |
Actions (login required)
View Item |