Pengembangan bahan ajar termokimia berbasis hots terintegrasi analisis sketsa pembelajaran anderson / Binti Nuriyati Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar termokimia berbasis hots terintegrasi analisis sketsa pembelajaran anderson / Binti Nuriyati Rahayu

Rahayu, Binti Nuriyati Rahayu (0000) Pengembangan bahan ajar termokimia berbasis hots terintegrasi analisis sketsa pembelajaran anderson / Binti Nuriyati Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 mengarahkan peserta didik memiliki keterampilan higher order thinking skills (HOTs). Keterampilan HOTs diperlukan untuk memecahkan berbagai permasalahan kontekstual menggunakan logika-logika yang kritis dan rasional termasuk di dalamnya pembelajaran kimia materi termokimia. Salah satu upaya mendukung proses pembelajaran tersebut adalah tersedianya bahan ajar. Bahan ajar merupakan solusi yang tepat digunakan untuk mengarahkan pembelajaran agar tercapai keterampilan yang diinginkan. Oleh karena itu bahan ajar termokimia baru perlu diciptakan untuk mengakomodasi HOTs khususnya pada dimensi proses kognitif menganalisis (C4) mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6) terintegrasi Analisis Sketsa Pembelajaran Anderson (ASPA) yang meliputi tujuan aktivitas pembelajaran dan asesmen. Berdasarkan uraian di atas penelitian ini dilakukan untuk (1) mengembangkan Bahan Ajar Termokimia Berbasis HOTs Terintegrasi Analisis Sketsa Pembelajaran Anderson yang layak dan valid serta (2) menganalisis uji validitas dan uji keterbacaan terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan. Bahan Ajar Termokimia Berbasis HOTs Terintegrasi ASPA dikembangkan menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan dkk. (1974) yaitu meliputi define (tahap pendefinisian) design (tahap perancangan) develop (tahap pengembangan) dan disseminate (tahap penyebaran). Namun tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis kelayakan bahan ajar adalah angket validitas oleh dua orang dosen Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang dan angket uji keterbacaan oleh sepuluh orang peserta didik kelas XII-MIPA MAN 2 Kota Kediri. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistika deskriptif untuk menghitung persentase jawaban yang diberikan oleh validator sebagai responden selanjutnya ditafsirkan sesuai rentangan kriteria yang menunjukkan kelayakan produk hasil pengembangan. Bahan ajar termokimia dikembangkan dalam dua jenis buku yaitu buku peserta didik dan buku guru. Hasil validasi bahan ajar buku peserta didik dan buku guru oleh validator adalah 98% dan 97% dengan kategori sangat layak. Sementara hasil uji keterbacaan oleh peserta didik adalah 87% dengan kategori sangat layak. Maka bahan ajar termokimia yang dikembangkan sangat layak dan memiliki potensi dikembangkan lebih lanjut dalam tahap penyebaran (disseminate) yaitu uji coba produk (validation testing) pengemasan akhir (packaging) serta difusi dan adaptasi (diffusion and adoption).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143447

Actions (login required)

View Item View Item