Pengaruh metode forward chaining terhadap keterampilan vokasional menjahit peserta didik tunagrahita ringan di smalb bc kepanjen malang / Inggit Yunistiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode forward chaining terhadap keterampilan vokasional menjahit peserta didik tunagrahita ringan di smalb bc kepanjen malang / Inggit Yunistiana

Yunistiana, Inggit Yunistiana (0000) Pengaruh metode forward chaining terhadap keterampilan vokasional menjahit peserta didik tunagrahita ringan di smalb bc kepanjen malang / Inggit Yunistiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada penelitian ini peneliti memilih metode forward chaining untuk mengajarkan keterampilan vokasional menjahit pada peserta didik tunagrahita ringan. Karena dengan metode ini memudahkan guru dan peserta didik untuk memahami materi yang diberikan dan mudah untuk diajarkan karena dimulai dari tahapan awal sampai akhir hingga peserta didik benar-benar menguasai setiap tahapan menjahit dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan keterampilan vokasional menjahit pada peserta didik tunagrahita ringan sebelum diberikan perlakuan atau intervensi berupa metode forward chaining. 2) untuk mendeskripsikan keterampilan vokasional menjahit pada peserta didik tunagrahita ringan setelah diberikan perlakuan atau intervensi berupa metode forward chaining. 3) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode forward chaining terhadap keterampilan vokasional menjahit peserta didik tunagrahita ringan di SMALB BC Kepanjen Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan Single Subject Reseach (SSR) dengan model A-B-A. Subjek penelitian menggunakan satu peserta didik tunagrahita ringan kelas XI di SMALB BC Kepanjen Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level yang meningkat dari baseline-1 (A1) 55 28 intervensi (B) 94 dan baseline-2 (A2) 95 4. Presentase overlap antara kondisi baseline-1 (A1) ke intervensi sebesar 0% yang menunjukkan tidak terdapat tumpeng tindih Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode forward chaining sebagai intervensi terhadap peningkatan keterampilan vokasional menjahit masker sebagai target behavior. Adapun saran bagi guru dari penelitian adalah guru dapat menggunakan metode forward chaining dalam pembelajaran keterampilan menjahit lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142407

Actions (login required)

View Item View Item