Perancangan video klip berbasis animasi 3D sebagai media promosi untuk band My Sin / Sandi Permono - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan video klip berbasis animasi 3D sebagai media promosi untuk band My Sin / Sandi Permono

Permono, Sandi (2012) Perancangan video klip berbasis animasi 3D sebagai media promosi untuk band My Sin / Sandi Permono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci My Sin Video Klip Animasi 3D Media Promosi My Sin adalah band yang berasal dari kota Surabaya dengan aliran Pop Rock. Permasalahan timbul ketika banyaknya band baru yang muncul sehingga kompetitor dalam rangka membangun image band kepada masyarakat semakin berat. Menyikapi hal ini perlu dirancang sebuah media yang mempunyai keunikan serta daya jual tinggi agar My Sin sebagai band baru di Indonesia mampu dikenal oleh masyarakat. Perancangan video klip dan media komunikasi visual (media promosinya) disusun dengan metode perancangan pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif. Hal ini dipilih berdasarkan keefektifan metode ini dalam merangkum proses perancangan yang dilakukan. Model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Perancangan video klip My Sin menggunakan teknik animasi 3D agar video klip ini menjadi lebih unik dan menarik serta penyampaian pesan dalam lirik lagu My Sin dapat dengan mudah tersampaikan. Perancangan video klip My Sin ini menggunakan tiga tahapan kerja yaitu tahap pra produksi produksi dan pasca produksi. Tahap pra produksi adalah tahap yang mengulas tentang pembuatan karakter yaitu modelling tiga dimensi masing masing personil band My Sin. Tahap berikutnya adalah tahap produksi. Tahap ini berisi tentang proses penganimasian serta rendering sehingga file yang ada akan menjadi beberapa potongan scene video yang nantinya akan disempurnakan untuk editing pada proses pasca produksi. Hasil perancangan ini terdiri dari video klip animasi 3D dari lagu My Sin berjudul Terbuai sebanyak dua versi Media pendukung terdiri dari satu buah poster x banner packaging CD dan label CD. Media yang telah dirancang diharapkan digunakan untuk band My Sin sebagai media promosi yang efektif dan aktif mengingat video klip Terbuai memiliki keunikan serta daya jual yang tinggi yaitu dengan menggunakan animasi 3D. Selain itu media yang telah dirancang diharapkan bisa sebagai sarana untuk lebih mengenal lebih jelas karakter band My Sin. Hal yang lain adalah dengan memperbanyak produksi video klip ini agar masyarakat sebagai target audience lebih mengenal band My Sin. Selain itu video klip berbasis animasi 3D ini juga digunakan sebagai alternatif referensi karya ilmiah untuk mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

View Item View Item