Analisis kemampuan menemukan informasi dalam teks eksplanasi tema 8 siswa kelas v sd negeri 1 kedok turen kabupaten malang / Cynthia Fernanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan menemukan informasi dalam teks eksplanasi tema 8 siswa kelas v sd negeri 1 kedok turen kabupaten malang / Cynthia Fernanda

Fernanda, Cynthia Fernanda (0000) Analisis kemampuan menemukan informasi dalam teks eksplanasi tema 8 siswa kelas v sd negeri 1 kedok turen kabupaten malang / Cynthia Fernanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menemukan informasi dalam teks eksplanasi siswa kelas V SD Negeri 1 Kedok Turen Kabupaten Malang dan mengetahui kesulitan menemukan informasi dalam teks eksplanasi yang dialami siswa kelas V SD Negeri 1 Kedok Turen Kabupaten Malang. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini data yang diperoleh umumnya dalam bentuk kata-kata dan peneliti yang mengatur segala hal dalam penelitian seperti pemilihan fokus penelitian penilaian kualitas data pengumpulan data analisis data serta penarikan kesimpulan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil yang berisi hasil angket dan hasil tes siswa kelas V menemukan informasi dalam teks eksplanasi. Penelitian ini melibatkan 14 siswa kelas V SD Negeri 1 Kedok Turen Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara angket tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan berkonsultasi pada dosen pembimbing dan berdiskusi dengan rekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan menemukan informasi siswa dalam teks eksplanasi dengan aspek apa adalah 64 3 dan termasuk dalam kategori cukup. Nilai yang diperoleh siswa melalui aspek siapa pada soal adalah 92 9 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Nilai yang diperoleh siswa melalui aspek kapan pada soal adalah 57 1 dan termasuk dalam kategori cukup. Nilai yang diperoleh siswa melalui aspek dimana pada soal adalah 85 7 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Nilai yang diperoleh siswa melalui aspek mengapa pada soal adalah 62 9 dan termasuk dalam kategori cukup. Serta nilai yang diperoleh siswa melalui aspek bagaimana pada soal adalah 62 5 dan termasuk dalam kategori cukup. Kemampuan menemukan informasi siswa termasuk dalam kategori sangat baik pada aspek siapa dan dimana. Kemudian nilai kemampuan menemukan informasi siswa termasuk dalam kategori cukup pada aspek apa kapan mengapa dan bagaimana. Sementara kesulitan yang dialami siswa dalam menemukan informasi adalah siswa kurang teliti dalam membaca pertanyaan siswa hanya membaca teks eksplanasi secara sekilas dan siswa kurang memahami pertanyaan. Serta siswa tidak tahu jawaban yang harus ditulis kurang paham kurang mengerti dan bingung memilih jawaban yang telah disediakan di lembar jawaban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140681

Actions (login required)

View Item View Item