Pengembangan e-book interaktif sebagai sumber belajar pendukung materi interaksi sosial dan lembaga sosial di mtsn 2 kota malang / Nurul Izzah Sofiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book interaktif sebagai sumber belajar pendukung materi interaksi sosial dan lembaga sosial di mtsn 2 kota malang / Nurul Izzah Sofiyah

Sofiyah, Nurul Izzah Sofiyah (0000) Pengembangan e-book interaktif sebagai sumber belajar pendukung materi interaksi sosial dan lembaga sosial di mtsn 2 kota malang / Nurul Izzah Sofiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekitaran bulan Maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan sebagai penanggulangan wabah Covid 19. Kebijakan tersebut menerapkan physical distancing yang tentunya berdampak pada unit pendidikan. Dampaknya yaitu berupa penerapan pembelajaran jarak jauh. Maka dari itu adanya inovasi guru dalam membuat sumber belajar yang dapat digunakan saat pembelajaran jarak jauh sangat dibutuhkan agar tidak terbatasnya pengetahuan siswa. Peneliti akan mengembangkan e-book interaktif sebagai sumber belajar pendukung yang dapat mendorong siswa untuk belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendiskripsikan proses pengembangan e-book interaktif 2) menghasilkan e-book interaktif 3) mendiskripsikan hasil pengembangan e-book interaktif 4) mengetahui kelayakan e-book interaktif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian R amp D dari Borg amp Gall dengan langkah penelitian yang sudah dimodifikasi menjadi lima langkah. Langkah yang digunakan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji coba produk (5) revisi produk akhir. Produk ini melalui empat tahapan validasi yang dilakukan oleh ahli materi ahli media praktisi dan 35 siswa kelas VII MTSN 2 Kota Malang. Analisis data kualitatif dilakukan dengan menjabarkan kata-kata yang berupa deskripsi dan dijelaskan apa adanya. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan (1) mengelompokkan dan memaknai jawaban pada angket (2) menghitung rata-rata skor (3) mengartikan hasil analisis berdasarkan pedoman interpretasi kelayakan. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah e-book interaktif materi interaksi sosial dan lembaga sosial kelas VII yang dapat membantu siswa belajar mandiri pada masa pembelajaran jarak jauh. Selain itu hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan tingkat kelayakan e-book interaktif pada aspek media mendapat (1) ahli media 98% (2) praktisi 96% (3) siswa 79%. Skor ahli media dan praktisi dikategorikan ldquo sangat layak rdquo dan skor siswa dikategorikan ldquo layak rdquo . Sedangkan pada aspek materi mendapat (1) ahli materi 81% (2) praktisi 98% (3) siswa 80%. Skor ahli materi dan siswa dikategorikan ldquo layak rdquo dan praktisi dikategorikan ldquo sangat layak rdquo . Berdasarkan hasil peneltian dan pengembangan peneliti memberikan beberapa saran pemanfaatan. Pertama guru dapat menggunakan e-book interaktif ini dalam pembelajaran jarak jauh maupun tatap muka. Kedua e-book interaktif ini dikembangkan melalui analisis kebutuhan pada satu sekolah sehingga jika diterapkan pada sekolah lain dibutuhkan penyesuaian. Ketiga uji keefektivitasan pada e-book interatif diperlukan agar dapat mengetahui tingkat keberhasilan dalam membantu siswa belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140497

Actions (login required)

View Item View Item