Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan kelas X Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Kediri / Giana Ega Yustanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan kelas X Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Kediri / Giana Ega Yustanti

Yustanti, Giana Ega (2019) Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan kelas X Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Kediri / Giana Ega Yustanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yustanti Giana Ega. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Kelas X-BKP I SMK Negeri 1 Kediri. Mini- Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci Model Pembelajaran Inkuiry Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu jenjang pendidikan menengah dengan kekhususan mempersiapkan lulusannya untuk siap bekerja. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan suatu wahana yang digunakan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten. Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektivitas efesiensi dan standarisasi pengajaran. Pembelajaran dengan metode konvensional yang selama ini diterapkan dalam kelas X BKP I Negeri 1 Kediri pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan (DDKB) menyebabkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa masih rendah. Hasil observasi menunjukkan nilai mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan (DDKB) diketahi bahwa 62 4% dengan presentase ketuntasan belajarnya meskipun di atas KKM yang di terapkan sekolah sebesar 8805 75 dengan rata-rata kelasnya 78 26%. Hal ini yang menjadi pertimbangan dalam memilih model pembelajaran inkuiri. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan model pembelajaran inkuiri. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X BKP I SMK Negeri 1 Kediri yang berjumlah 34 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Model pengumpulan data menggunakan tes observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan (DDKB) dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas X BKP I Negeri 1 Kediri. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan belajar sebesar 18 67 pada siklus I dengan kondisi awal 60 meningkat menjadi 78 67. Hasil belajar siklus II mengalami peningkatan sebesar 31 17 dengan kondisi awal 60 meningkat menjadi 91 17. Rerata kenaikan pada siklus I yaitu 18 67% dan 31 17% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran inkuiri ini juga mampu memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar maka guru mengoptimalkan proses pembelajaran melalui indikator yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/128035

Actions (login required)

View Item View Item