Penerapan metode problem solving menggunakan media edmodo untuk meningkatkan hasil belajar mekanika teknik siswa kelas X Desain Pemodelan & Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Probolinggo / Novi Ariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode problem solving menggunakan media edmodo untuk meningkatkan hasil belajar mekanika teknik siswa kelas X Desain Pemodelan & Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Probolinggo / Novi Ariyanti

Ariyanti, Novi (2020) Penerapan metode problem solving menggunakan media edmodo untuk meningkatkan hasil belajar mekanika teknik siswa kelas X Desain Pemodelan & Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Probolinggo / Novi Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dilakukan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan menggunakan media pada umumnya seperti papan tulis dan ppt sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Hal ini berdasarkan hasil wawancara awal peneliti dengan guru kelas X DPIB 2 yakni Ibu Natasya Atikasari mengatakan bahwa rata-rata nilai ujian mata pelajaran mekanika teknik di sekolah tersebut masih dibawah target yakni pada semester genap tahun 2017 sebesar 69 00 dan pada tahun 2018 sebesar 70 50. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perenanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik wawancara observasi tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan pengujian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan media edmodo dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dari presentase aktivitas guru siklus I pertemuan 1 dengan presentase sebesar 72 22% kemudian mengalami peningkatan pada pertemuan 2 sebesar 86 1%. Siklus II pertemuan 1 presentase keberhasilan sebesar 86 1% kemudian mengalami peningkatan pada pertemuan 2 sebesar 91 7%. Pada aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 presentase keberhasilan sebesar 76 7% kemudian pada pertemuan 2 mengalami peningkatan mencapai 83 3%. Siklus II pertemuan 1 presentase keberhasilan mencapai 86 7% dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 dengan presentase sebesar 93 3%. Pada hasil belajar siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata 75 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 45 16% meningkat pada pertemuan 2 nilai rata-rata 79 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 60 61%. Siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata 83 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 87 88% meningkat pada pertemuan 2 nilai rata-rata 86 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 93 94%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Problem Solving menggunakan media edmodo yang telah diterapkan meningkatkan aktivitas siswa dan juga hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti pada peningkatan nilai dari siklus I sampai siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/128013

Actions (login required)

View Item View Item