Pengembangan tutorial presentasi multimedia pembelajaran berbasis powerpoint untuk guru seni budaya / Sonhaji Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tutorial presentasi multimedia pembelajaran berbasis powerpoint untuk guru seni budaya / Sonhaji Arif

Arif, Sonhaji (2012) Pengembangan tutorial presentasi multimedia pembelajaran berbasis powerpoint untuk guru seni budaya / Sonhaji Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan presentasi multimedia pembelajaran seni budaya. Pengembangan media tutorial presentasi pembelajaran seni budaya ini digunakan sebagai media penunjang pembelajaran seni budaya. Kemampuan tentang pembuatan media pembelajaran melalui PowerPoint merupakan hal yang sudah wajib untuk dikuasai oleh guru begitu juga dengan guru seni budaya. Oleh sebab itu media Tutorial Multimedia Presentasi Pembelajaran Seni Budaya dapat dijadikan pilihan untuk digunakan sebagai media untuk membantu guru seni budaya dalam membuat media pembelajaran seni budaya melalui PowerPoint. Pengembangan media Tutorial Multimedia Presentasi Pembelajran Seni Budaya bertujuan untuk menghasilkan media tutorial pembuatan multimedia presentasi pembelajaran untuk guru seni budaya. Spesifikasi media ini menggunakan format digital dengan bentuk buku digital (flippingbook) menggunakan jenis huruf Tw Cen MT (Body) VNI-Bamas VNI-Redrock dan Agency FB pembuatan desain gambar layout dan background menggunakan Adobe Photoshop CS3 dan Microsoft Picture Manager. Materi dalam media ini disajikan dalam bentuk langkah-langkah pembuatan media presentasi pembelajaran seni budaya yang lebih menekankan tentang penggunaan PowerPoint. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Thiagarajan dkk 1974). Validasi media meliputi 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji coba produk meliputi uji coba individu kelompok kecil dan kelompok besar atau lapangan. Hasil pengembangan media Tutorial Multimedia Presentasi Pembelajaran Seni Budaya sebagai media penunjang pembelajaran seni budaya memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai 83 5 % ahli materi 81% dan uji kelompok besar mencapai 91 9%.Media mempunyai beberapa kelebihan yaitu (1) merupakan satu-satunya media yang berisi tutorial pembuatan media pembelajaran seni budaya (2) terdapat fasilitas tambahan seperti musik animasi dan sebagainya (3) materi berupa langkah-langkah sehingga mudah untuk dimengerti (4) format media exe sehingga dapat dibuka tanpa software tambahan. Sedangkan kelemahan dari media ini adalah (1) lebih mudah dipahami oleh pengguna PowerPoint tingkat lanjut (2) tidak digunakan sebagai buku pelajaran namun hanya sebagai buku penunjang (3) tidak dapat digunakan dimana saja dan kapan saja karena masih membutuhkan fasilitas seperti komputer laptop dan sebagainya. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Tutorial Multimedia Presentasi Pembelajran Seni Budaya sebagai penunjang pembelajaran seni budaya layak digunakan. Pengembang menyarankan agar media ini bisa ditempatkan di sekolah misalnya ditempatkan di perpustakaan agar bisa digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran seni budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12666

Actions (login required)

View Item View Item