Hardyanto, Yanang Surya Putra (2020) Pengembangan instrumen penilaian formatif berbasis model pembelajaran penemuan untuk mengukur hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada materi protista kelas X IPA SMA negeri 10 malang / Yanang Suryaputra Hardyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Hardyanto Yanang S. P. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Formatif Berbasis Model Pembelajaran Penemuan untuk Mengukur Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotorik Siswa pada Materi Protista Kelas X IPA di SMA Negeri 10 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Murni Sapta Sari M.Si. (II) Drs. H. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata Kunci Penilaian Formatif Pembelajaran Penemuan Kognitif Psikomotorik Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan bahwa ada 3 aspek dari hasil belajar yaitu kognitif yang berkaitan dengan kemampuan otak dalam berpikir (pengetahuan) afektif yang berkaitan dengan sikap dan perilaku siswa serta psikomotorik yang terkait dengan keterampilan motor (gerak otot). Ketiga aspek tersebut harus menjadi satu kesatuan dari hasil belajar siswa yang diperoleh dari kegiatan penilaian formatif selama dan setelah melakukan kegiatan pembelajaran di kelas atau assessment for learning. Instrumen penilaian yang baik yaitu dapat mengukur keseluruhan proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa. Berdasarkan analasis kebutuhan di SMA Negeri 10 Malang model pembelajaran metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan telah sesuai dengan pedoman pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 namun instrumen pembelajaran yang dipakai belum optimal untuk mengukur hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa. Dari permasalahan tersebut saya mengambil penelitian dan pengembangan terhadap instrumen penilaian formatif yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa berbasis pembelajaran penemuan pada materi Protista untuk siswa kelas X IPA. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menyusun instrumen penilaian formatif menguji validitas logis dan empiris serta menguji kepraktisan instrumen penilaian formatif untuk mengukur hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada materi Protista untuk siswa kelas X IPA di SMA Negeri 10 Malang. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R D) dari Walter R. Borg dan Meredith D. Gall yang terdiri dari 1) Research and information collection 2) Planning 3) Develop preliminary form of product 4) Preliminary field testing 5) Main product revision 6) Main field testing dan 7) Operational product revision. Hasil uji validitas logis instrumen tes dari ahli asesmen ahli materi dan praktisi lapangan diperoleh skor berturut-turut sebesar 97 5% 92% dan 100% artinya instrumen tes berupa soal tersebut tergolong sangat valid. Hasil validasi instrumen nontes dari ahli asesmen dan praktisi lapangan diperoleh skor berturut-turut sebesar 100% dan 100% artinya instrumen tes berupa lembar observasi kegiatan praktikum siswa tersebut tergolong sangat valid. Hasil uji validitas empiris instrumen tes berupa soal diperoleh reliabilitas soal pilihan ganda sebesar 0 8 (tinggi) dan esai sebesar 0 42 (cukup) artinya instrumen soal tersebut reliabel. Analisis tingkat kesukaran diperoleh hasil sangat sukar sebesar 3% sukar 3% sedang sebesar 50% mudah sebesar 10% dan sangat mudah sebesar 10%. Analisis daya pembeda diperoleh sangat baik sebesar 13% baik sebesar 50% agak baik sebesar 17% dan sangat buruk 1%. Hasil uji validitas empiris instrumen nontes berupa lembar observasi kegiatan praktikum siswa diperoleh r hitung rata-rata sebesar 0 685 lebih besar daripada r tabel sebesar 0 300 artinya instrumen tersebut dalam kriteria valid. Hasil uji reliabilitas diperoleh angka koefisien reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0 629 lebih besar dari nilai minimal sebesar 0 600 artinya instrumen tersebut reliabel. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor pengisian respon pengguna oleh siswa dengan rerata 83% dan respon pengguna guru dengan rerata 100% yang artinya instrumen penilaian formatif tersebut praktis dan dapat digunakan guru sebagai alat pengukuran hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah instrumen yang dikembangkan valid reliabel serta praktis digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/125632 |
Actions (login required)
View Item |