Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri yang diperkaya augmented reality pada materi minyak bumi / M. Asbihani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri yang diperkaya augmented reality pada materi minyak bumi / M. Asbihani

Asbihani, M. (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri yang diperkaya augmented reality pada materi minyak bumi / M. Asbihani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Asbihani M. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri yang Diperkaya Augmented Reality pada Materi Minyak Bumi. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd. M.Si. (II) M. Muchson S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Minyak Bumi Inkuiri Augmented Reality Sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 pembelajaran kimia harus berpusat pada siswa. Pembelajaran yang berpusat pada siswa menyebabkan siswa lebih aktif dalam mengolah pola pikir yang dimilikinya. Salah satu strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah inkuiri. Dalam praktiknya siswa masih mengalami kesulitan terkait karakteristik kimia yang mencakup tiga tingkat representasi yaitu makroskopik sub-mikroskopik dan simbolik. Kesulitan tersebut terjadi pada materi minyak bumi terutama terkait aspek sub-mikroskopiknya. Diperlukan penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri yang mampu memvisualisasikan aspek partikulat dalam materi minyak bumi seperti Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis inkuiri yang diperkaya Augmented Reality pada materi minyak bumi. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model yang dikemukakan oleh Lee W. W. Owens D. L (2004). Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap (1) penilaian/analisis (assessment/analysis) yang meliputi analisis kebutuhan (need assessment) dan analisis awal-akhir (front-end analysis) (2) desain (design) (3) produksi/pengembangan (development) (4) implementasi (implementation) dan (5) evaluasi (evaluation). Dalam penelitian ini tahap implementasi dan evaluasi tidak dilakukan karena taraf penelitian pada tingkat sarjana tidak diharuskan untuk menyelesaikan semua langkah model pengembangan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa buku cetak dalam bentuk buku saku yang berfungsi sebagai pembuka link materi yang terdapat di internet dan aplikasi Augmented Reality dengan format .apk yang berfungsi untuk membantu siswa dalam merepresentasikan sub-mikroskopik dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi minyak bumi. Penyampaian materi dalam bahan ajar yang dikembangkan dilakukan secara online. Materi-materi online yang disampaikan berupa materi tertulis dalam google document dan video pembelajaran yang dihubungkan melalui QR code yang telah disediakan. Selain video terdapat ilustrasi bentuk molekul tiga dimensi dengan menggunakan Augmented Reality yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi minyak bumi secara sub-mikroskopik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan skor (a) validitas materi sebesar 89 (b) validitas media sebesar 89 dan (c) uji keterbacaan sebesar 92. Berdasarkan nilai skor hasil validasi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran kimia khususnya materi minyak bumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125096

Actions (login required)

View Item View Item