Legenda Gunung Kelud sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni batik lukis / Roikhatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Legenda Gunung Kelud sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni batik lukis / Roikhatul Jannah

Jannah, Roikhatul (2019) Legenda Gunung Kelud sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni batik lukis / Roikhatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jannah Roikhatul. 2019. Legenda Gunung Kelud Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Seni Batik Lukis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ponimin M. Hum. Pembimbing (II) Lisa Sidyawati S.Pd. M.Pd. Kata kunci Legenda Gunung Kelud Batik Lukis Penciptaan Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang tergolong aktif di Provinsi Jawa Timur. Gunung ini terletak diantara Kabupaten Kediri Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Tepatnya pada Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Jawa timur Indonesia. Gunung yang berada di tiga perbatasan kabupaten tersebut memiliki legenda yang dipercayai oleh masyarakat sebagai awal mula terbentuknya Gunung Kelud khususnya di masyarakat Kediri. Legenda tersebut menceritakan tentang kisah penghiantan Dewi Kilisuci terhadap Lembu Suro. Penciptaan pada penelitian ini memilih penciptaan seni murni dalam bentuk batik lukis. Penciptaan karya seni batik lukis terinspirasi dari sebuah Legenda Gunung Kelud yang mana merupakan salah satu wujud upaya dalam pelestarian kebudayaan bangsa khususnya pada wilayah kota Kediri. Untuk mewujudkan karya batik lukis dibutuhkan beberapa tahapan yaitu (1) Tahap eksplorasi merupakan langkah dalam pencarian ide gagasan konsep landasan dalam menciptakan karya seni tersebut. (2) tahap perancangan merupakan langkah dalam menuangkan ide penciptaan yang didapat kedalam eksplorasi bentuk dan desain karya. (3) Tahap Perwujudan merupakan langkah perwujudan dari sumber ide dan konsep menjdi sebuah karya seni. Hasil karya yang bersumber dari Kisah Legenda Gunung Kelud yang dilakukan telah terwujud menjadi enam karya seni batik lukis. Karya batik tersebut berjudul (1) Kasunyaan Tresno Lembu Sura (2) Sayembara (3) Pupusing Tresno Lembu Sura (4) Kahanan Tresna Putri Airlangga (5) Reka Dayaning Dewi Kilisuci (6) Sumpah Lembu Sura. Enam karya tersebut menggunakan teknik batik lukis dengan ukuran masing masing 100cm x 200cm. Sehingga dengan terciptanya karya seni batik lukis tersebut maka diharapkan adanya kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga dan menjunjung tinggi nilai - nilai kebudayaan bangsa Indonesia terutama dalam melestarikan sebuah legenda setempat. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123240

Actions (login required)

View Item View Item