Penggunaan permainan pesan berantai pada keterampilan menyimak bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Devi Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan pesan berantai pada keterampilan menyimak bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Devi Agustina

Agustina, Devi (2019) Penggunaan permainan pesan berantai pada keterampilan menyimak bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Devi Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Agustina Devi. 2019. Penggunaan Permainan Pesan Berantai pada Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dewi Kartika Ardiyani M.Pd. Kata Kunci Permainan pesan berantai pembelajaran keterampilan menyimak Permainan pesan berantai merupakan permainan bahasa yang melibatkan pendengar dan pembicara secara langsung yang dilakukan secara berkelompok. Permainan ini dilaksanakan dengan cara berbisik dari satu pemain ke pemain lainnya hingga pesan yang didapatkan tersampaikan. Permainan ini bertujuan untuk melatih keterampilan menyimak bahasa Jerman siswa pada tema Schule dengan subtema Schulaktivit ten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan permainan pesan berantai pada keterampilan menyimak bahasa Jerman siswa kelas X Lintas Minat Bahasa SMA Negeri 7 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas X Lintas Minat Bahasa yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan angket. Data dipresentasikan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dapat mengikuti proses pembelajaran menggunakan permainan pesan berantai dengan baik meskipun terdapat beberapa kesalahan dalam menyampaikan pesan dan kendala pada media seperti Kopfh rer yang tidak berfungsi dengan baik. Pada akhirnya sebagian besar siswa dapat melaksanakan permainan dan menyampaikan pesan dengan baik. Selain itu permainan ini membuat siswa lebih mudah mengingat kosakata dan antusias selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12165

Actions (login required)

View Item View Item