Pembelajaran bahasa Jerman pada peserta didik berkebutuhan khusus di SMA Negeri 9 Malang / Gading Eko Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa Jerman pada peserta didik berkebutuhan khusus di SMA Negeri 9 Malang / Gading Eko Nugroho

Nugroho, Gading Eko (2019) Pembelajaran bahasa Jerman pada peserta didik berkebutuhan khusus di SMA Negeri 9 Malang / Gading Eko Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nugroho Gading Eko. 2019. Pembelajaran Bahasa Jerman pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Deddy Kurniawan S.Pd. M.A. Kata Kunci Pembelajaran Bahasa Jerman Anak Berkebutuhan Khusus Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Jerman pada peserta didik berkebutuhan khusus di SMA Negeri 9 Malang (2) mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa Jerman pada peserta didik berkebutuhan khusus di SMA Negeri 9 Malang dan (3) mengidentifikasi upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah yang muncul dalam proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat digunakan untuk bahan evaluasi program sehingga dapat muncul inovasi bagi pembelajaran bahasa Jerman. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Jerman dan kegiatan pembelajaran bahasa Jerman di kelas X-Bahasa SMA Negeri 9 Malang. Data pada penelitian ini adalah proses pembelajaran bahasa Jerman bagi peserta didik berkebutuhan khusus masalah yang dihadapi oleh guru dan upaya guru untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi pedoman wawancara dan tabel dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 9 Malang menerapkan model pembelajaran inklusi penuh yang bertujuan agar peserta didik berkebutuhan khusus dapat belajar beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan reguler. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru mata pelajaran Bahasa Jerman menggunakan RPP tanpa dilengkapi dengan Program Pembelajaran Individu. Hal tersebut karena bahasa Jerman bukan merupakan mata pelajaran fungsional yang diujikan dalam ujian nasional. Materi media dan lembar evaluasi yang diberikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus sama dengan yang diberikan kepada siswa reguler. Perlakuan khusus yang diberikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus yakni perubahan skor KKM yang semula delapanpuluh menjadi limapuluh. Masalah yang dihadapi oleh guru mata pelajaran selama proses pembelajaran yakni masalah ketercapaian tujuan pembelajaran perilaku konsentrasi dan motivasi. Upaya guru untuk mengatasi masalah ketercapaian tujuan pembelajaran dan masalah materi yakni dengan menyederhanakan penyampaian materi. Solusi untuk masalah perilaku dan konsentrasi adalah dengan menyediakan guru pembimbing khusus yang mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus dengan tujuan untuk mengendalikan perilaku. Selain itu guru mata pelajaran dengan dibantu oleh guru pembimbing khusus selalu mendorong ABK agar bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12161

Actions (login required)

View Item View Item