Penerapan media apfelspiel dalam pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Zainul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media apfelspiel dalam pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Zainul Arifin

Arifin, Zainul (2013) Penerapan media apfelspiel dalam pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Zainul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media Apfelspiel pembelajaran bahasa Jerman Media adalah alat dan sarana pembelajaran yang dapat digunakan untuk proses belajar mengajar. Apfelspiel merupakan salah satu jenis media pengajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman. Dengan menggunakan Apfelspiel guru dapat memberikan rangsangan kepada siswa untuk lebih aktif belajar bahasa Jerman di kelas terutama untuk melatih keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media Apfelspiel dalam pembelajaran bahasa Jerman terutama dalam keterampilan berbicara siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang yang berjumlah sembilan siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket observasi dan dokumentasi sebagai instrumen penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih aktif berbicara bahasa Jerman di dalam kelas. Tujuh dari sembilan siswa berpendapat bahwa media Apfelspiel membuat siswa lebih bersemangat dan termotivasi dalam pembelajaran bahasa Jerman. Adapun kendala yang dialami oleh peneliti selama penelitian dilaksanakan adalah diperlukan waktu yang cukup lama untuk mendesain serta mencetak media permainan Apfelspiel. Selain itu peneliti juga harus lebih selektif dalam menentukan dan mencari meteri yang cocok untuk dimasukkan ke dalam media permainan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item