Partisipasi pemuda dalam karang taruna desa (studi pada pemuda di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau) / Putri Mentari - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi pemuda dalam karang taruna desa (studi pada pemuda di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau) / Putri Mentari

Mentari, Putri (2019) Partisipasi pemuda dalam karang taruna desa (studi pada pemuda di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau) / Putri Mentari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Mentari 2019. Partisipasi Pemuda Dalam Karang Taruna Desa (Studi Pada Pemuda Di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau). Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endang Sri Redjeki M.S. (2) Drs. H. Moh. Ishom M.Pd Kata Kunci Partisipasi Pemuda Karang Taruna Pemuda merupakan aset bangsa yang sangat mahal dan tak ternilai harganya. Kemajuan atau kehancuran bangsa dan negara banyak tergantung pada kaum mudanya sebagai agent of change (agen perubahan) sehingga partisipasi pemuda sangatlah di butuhkan.Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna desa (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung partisipasi pemuda dalam Karang Taruna desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 6 orang yakni 1 ketua Karang Taruna 5 Anggota Karang Taruna Desa Sumbersekar. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap sebagai berikut pengumpulan data reduksi data penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah (1) partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna desa dilihat aspek pengelolaan program menggunakan tiga tahap partisipasi yaitu partisipasi dalam perencanaan partisipasi dalam pelaksanaan dan partisipasi dalam pemanfaatan (2) faktor yang menghambat partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna yaitu keterbatasan waktu dari individu dan rasa kurang percaya diri untuk menyalurkan potensi yang dimiliki. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu individu mempunyai kesadaran atau jiwa bersosial yang tinggi untuk membangun masyarakat melalui program Karang Taruna Saran yang disampaikan kepada Karang Taruna Desa Sumbersekar adalah (1) partisipasi pemuda juga harus lebih ditingkatkan lagi dalam melaksanakan program Karang Taruna dengan cara menumbuhkan rasa tanggung jawab kepada anggota Karang Taruna ketua Karang Taruna memberikan tugas kepada anggotanya seperti melaporkan hasil program kegiatan agar bisa dilaporkan disetiap pertemuan (2) pengurus Karang Taruna memberikan inovasi berupa kegiatan yang menarik minat pemuda dan remaja sehingga tujuan mengembangkan masyarakat berhasil dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/117496

Actions (login required)

View Item View Item