Analisis stilistika pada puisi Wayukhoddi'unaa Az-zaman karya Faruq Juwaidah / Irma Laela Nur Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis stilistika pada puisi Wayukhoddi'unaa Az-zaman karya Faruq Juwaidah / Irma Laela Nur Aulia

Aulia, Irma Laela Nur (2019) Analisis stilistika pada puisi Wayukhoddi'unaa Az-zaman karya Faruq Juwaidah / Irma Laela Nur Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aulia Irma Laela. 2017. Analisis stilistika pada puisi Wayukhoddi un 257 Azzam 257 n karya Faruq Juwaidah. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Muhaiban (2) Ibnu Samsul Huda S.S. M.A. Kata kunci stilistika ilmu bayan ilmu badi puisi Wayukhoddi un 257 Azzam 257 n Puisi Wayukhoddi un 257 Azzam 257 n merupakan salah satu puisi karya Faruq Juwaidah yaitu seorang penyair Mesir modern. Puisi ini berisi tentang waktu yang sangat sesuai dengan keadaan dan kondisi kebanyakan orang saat ini. Berdasarkan hal itu peneliti tertarik untuk mengetahui keindahan gaya bahasa yang terdapat didalamnya. Stilistika dipilih sebagai pisau analisis mengingat bahwa puisi merupakan karya sastra yang paling banyak mengandung unsur keindahan baik secara tersirat maupun tersurat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur stilistika pada puisi Wayukhoddi un 257 Azzam 257 n yang meliputi deskripsi gaya kata dan gaya kalimat berdasarkan ilmu badi dan ilmu bayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisa dilakukan dengan teknik deskriptif. Jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan atau studi pustaka. Data dalam penelitian ini adalah aspek unsur stilistika berupa teks puisi yang mengandung unsur ilmu bayan dan ilmu badi dalam stilistika pada puisi Wayukhoddi un 257 Azzam 257 n. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa dokumen yaitu puisi Wayukhoddi un 257 Azzam 257 n karya Faruq Juwaidah sedangkan sumber data sekunder yang terkait dalam penelitian ini meliputi buku-buku artikel skripsi dan lain-lain yang memperkuat sumber data primer. Adapun instrumen yang digunakan adalah human instrument. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada puisi Wayukhoddi un 257 Azzaman mengandung berbagai macam unsur gaya bahasa (1) gaya kata yang terdapat pada ilmu badi yang terdiri dari keindahan dari segi ujaran meliputi muwazanah dan keindahan dari segi makna meliputi thibaq dan tauriyah (2) gaya kalimat yang terdapat pada ilmu badi meliputi mubalaghah iqtibas mura atun nadzir dan pada ilmu bayan yang meliputi tasybih majaz kinayah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disampaikan saran-saran sebagai berikut. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa dengan objek material yang berbeda hendaknya perlu menyiapkan konsep dan perencanaan yang matang mengenai batasan dan perumusan masalah serta tujuan yang ingin dicapai. Bagi mahasiswa program pendidikan bahasa Arab dapat dijadikan salah satu rujukan dalam memperkaya khasanah ilmu pengetahuan hasil penelitian dalam bidang sastra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11531

Actions (login required)

View Item View Item