Pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Bahasa Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang / Ali Murtadlo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Bahasa Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang / Ali Murtadlo

Murtadlo, Ali (2018) Pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Bahasa Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang / Ali Murtadlo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Murtadlo Ali. 2018. Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas XI Bahasa Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Syathibi Nawawi M.Pd. (2) Dr. Yusuf Hanafi S.Ag. M.Fil.I. Kata Kunci pembelajaran bahasa Arab kelas XI Bahasa Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang. Pembelajaran bahasa Arab merupakan suatu proses kegiatan mengajar yang dilakukan oleh pengajar untuk membina dan membimbing peserta didik dalam memahami bahasa Arab yang fusha. Salah satu lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat pembelajaran bahasa Arab adalah Madrasah Aliyah (MA) Almaarif Singosari Malang. Pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini diberlakukan di semua jenjang kelas. Penelitian ini hanya terbatas pada siswa kelas XI Bahasa saja. Jurusan Bahasa merupakan salah satu jurusan dari tiga jurusan selain IPA dan IPS yang dimiliki oleh MA Almaarif Singosari Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang dan (3) evaluasi pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Instrumen bantu yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara pedoman observasi angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara observasi penyebaran angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Adapun objek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas XI Bahasa MA Almaarif Singosari Malang. Hasil penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran di kelas XI Bahasa MA Almaarif tahun ajaran 2017/2018 hampir sama dengan perencanaan sekolah lain akan tetapi dalam hal ini guru masih kurang memperhatikan perangkat perencanaan pembelajaran tersebut. Pelaksanaan pembelajaran di kelas XI Bahasa MA Almaarif menggunakan metode campuran serta kondisional media berupa proyektor LCD kartu serta audio visual dan bahan ajar berupa buku guru buku siswa serta LKS. Evaluasi pembelajaran di kelas XI Bahasa MA Almaarif untuk evaluasi harian didapatkan dari tes tulis maupun lisan berdasarkan kompetensi dasar dan nilai LKS. Sedangkan evaluasi semester didapatkan dari hasil ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Dari hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada (1) sekolah agar menyediakan tambahan fasilitas media pembelajaran yang lebih variatif (2) guru agar lebih memperhatikan perangkat perencanaan dan menggunakan metode serta media yang lebih variatif dan (3) siswa agar lebih memperhatikan apa-apa yang disampaikan oleh guru dan lebih semangat dalam pembelajaran bahasa Arab baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11518

Actions (login required)

View Item View Item