Korelasi antara self regulated learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SD Inpres Ende 7 Kabupaten Ende / Germana Cousin Ngelu - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara self regulated learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SD Inpres Ende 7 Kabupaten Ende / Germana Cousin Ngelu

Ngelu, Germana Cousin (2019) Korelasi antara self regulated learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SD Inpres Ende 7 Kabupaten Ende / Germana Cousin Ngelu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ngelu Germana Cousin. 2019. Korelasi Antara Self-Regulated Learning dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SD Inpres Ende 7 Kabupaten Ende. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembibing (I) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata kunci self-regulated learning motivasi belajar hasil belajar. Keberhasilan belajar di sekolah tidak terlepas dari faktor-faktor yang menentukan keberhasilan itu sendiri. Self-regulated dan motivasi belajar ditempatkan sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar dikarenakan siswa dalam proses belajar selain membutuhkan kemampuan kognitif yang memadai juga perlu membutuhkan kondisi psikologis yang baik juga. Kondisi-kondisi psikologis yang dibutuhkan siswa agar dapat belajar secara efektif yakni memiliki kemampuan mengatur diri terhadap potensi yang dimiliki dalam menghadapi proses belajar. Pengaturan diri yang efektif dalam belajar dapat memungkinkan siswa untuk dapat belajar secara maksimal dengan strategi-strategi belajarnya sendiri sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi yang dipelajarinya. Motivasi belajar siswa juga sangat menentukan arah belajar siswa kepada pembelajaran yang lebih bermakna dan dapat membantu siswa agar bergairah dalam belajarnya dan memperoleh hasil belajar yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya korelasi atau hubungan antara self regulated learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Ada korelasi yang signifikan antara self regulated learning dengan hasil belajar (2) Ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar (3) Ada korelasi yang signifikan secara simultan antara self regulated learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif serta variabel yang diamati adalah self-regulated learning motivasi belajar dan hasil belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis regresi dengan menggunakan SPSS for windows 16. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Ende 7. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV V dan VI yang berjumlah 140 orang. Pengumpulan data self-regulated learning dan motivasi belajar menggunakan angket tertutup yang diberikan kepada siswa sedangkan hasil belajar diperoleh dari dokumentasi ulangan harian siswa. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan (1) terdapat korelasi self regulated learning dengan hasil belajar dengan nilai t-hitung t-tabel (3.548 1.977). Nilai signifikan sebesar 0 001 t-tabel (5.869 1.977). Nilai signifikan sebesar 0 000 0 05 (3) terdapat korelasi self regulated learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar dengan nilai signifikan sebesar 0 000 F-tabel 0 784. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah self regulated learning berkorelasi secara signifikan dengan hasil belajar motivasi belajar berkorelasi secara signifikan dengan hasil belajar self regulated learning dan motivasi belajar secara simultan berkorelasi secara signifikan dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114798

Actions (login required)

View Item View Item