Penerapan metode langsung dengan media flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan / Bagus - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode langsung dengan media flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan / Bagus

Bagus (2018) Penerapan metode langsung dengan media flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan / Bagus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Bagus. 2017. Penerapan Metode Langsung Dengan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Baha sa Arab Peserta Didik Kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Univer sitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kholisin M.Hum . (II) Ali Ma sum S.Pd. M.A. Kata Kunci penerapan metode langsung media Flashcard penguasaan kosakata bahasa Arab Saengtham Wittaya Propinsi Trang Thailand Selatan . Pembelajaran kosaka ta bahasa Arab di Sekolah Dasar Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan merupakan salah satu mata pelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut dari mulai jenjang pendidikan dari mulai TK sampai MA. Kemampuan dan minat peserta didik pada baha sa Arab di sekolah tersebut masih lah kurang apala gi yang didukung faktor lingkungan dan kehidup an sehari - hari mereka yang menjadikan kemauan dan minat dalam belajar bahasa Arab sangat amat kurang. Pembelajaran bahasa Asing yang terdapat di sekolah tersebu t sangatlah kurang dimula i dari kreatif guru dalam penera pan model pembelajaran di sekolah tersebut sehingga menjadikan peserta didik kurang minat dalam mempelajari bahasa Asing khususnya bahasa Arab Ol e h s e b a b i t u p e n e l i ti b e rkein g inan untuk menerapkan suatu model pembelajaran yaitu penerapan metode langsung dengan media Flashcard . Tuju a n p e n e l i t i a n ini a d a lah (1) u ntuk menjelaskan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab pada peserta didik kelas 6 SD sebelum pen erapan metode l angsung dengan media Flas hc ard (2) u ntuk mendeskripsikan penerapan metode langsung dengan media Flashc ard (3) u ntuk menjelaskan peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab setelah penerapan metode l angsung dengan media Flashcard. Pe n e l i t i a n i n i m e r upa k a n Pen e l i t i a n T i ndak a n K e l a s ( P T K ) . Ad a pun d a ta y a n g di t e l i ti a d a lah nilai - nilai pre - test nilai post - test pada siklus pertama dan nilai post - test pada siklus kedua. S umber d a ta a d a lah peserta didik kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan . P e n g u mpu l a n d a ta d e n g a n c a ra tes lisan dan tes tulis kosakata bahasa Arab. An a l i sis d a ta d e ng a n c a ra Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Uji k ea bsah a n d a ta d e n g a n ca r a meninjau ulang h a sil p e n e l i t i a n d e n g a n ce r m a t yaitu melalui dua tahapan siklus I dan siklus II. Ad a pun i ns t rum e n p e n e l i t i a n meng g u n a k a n 4 tahap yaitu perencanaan tindakan evaluasi dan refleksi . S e b e lum dite ra pk a n metode langsung dengan media Flashcard p e n e l i ti mel a ksan a k a n pr e - test untuk m e ng e tahui k e mampu a n penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan h a sil pr e - test peserta didik memp e rol e h ni l a i r a t a - r a t a k e las y a i t u 58 68. Peserta didik y a n g b e lum men c a p a i ni l a i s t a nd a rd k e mampu a n ii m i ni m a l seb a n y a k 14 peserta didik d a ri 24 peserta didik d a n y a n g t e lah m e n c a p a i S K M seb a n y a k 10 peserta didik d a r i 24 peserta didik. Kemudian penerapan metode langsung dengan media Flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan mempunyai dua siklus dari tiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Siklus I dan II ada dua pertemuan setiap pertemuan kedua akan diadakan post - test . Dari nilai post - test akan ditemukan hasil kemamp uan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik. Setelah penerapan metode langsung dengan media Flashcard akan didapatkan nilai hasil kemampuan peserta didik dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. H a sil p e n e l i t i a n ini menunjukk a n a d a p e nin g k a tan jika dib andin g k a n a nta r a h a s i l t e s pa d a pra sik l us (s e b e lum p e n e r a p a n metode langsung dengan media Flashcard ) d e ng a n h a sil tes p a d a p e mbel a ja r a n siklus I d a n siklus I I y a n g t e lah m e ng g un a k a n penerapan metode langsung dengan media Flashcard . B e r d a s a r k a n ni l a i r a t a - r a t a menin g k a t da r i 58 13 (p r a sik l us) 62 3 ( sik l us I ) d a n 75 95 ( sik l us I I ) . J adi a da k e n a ikan ni l a i r a t a - r a t a seb e s a r 8 33 poin. D a n b e rd a s a rk a n p r e s e nta s e k e tun t a s a n b e laj a r m e ni n g k a t d a ri 68 7% ( p ra sik l us) 77 27% ( sik l us I ) d a n 1 0 0% ( sik l us I I ). J a di ada k e n a ikan 31 3 % . S e hi n gga d a p a t terlihat b a h w a k e ma m pu a n kosakata bahasa Arab peserta didik kelas 6 SD meni n g k a t s e tel a h di t e r a pk a n n y a metode langsung dengan media Flashcard .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11465

Actions (login required)

View Item View Item