Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir analitis pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang mata pelajaran biologi / Desy Putri Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir analitis pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang mata pelajaran biologi / Desy Putri Rahmawati

Desy Putri (2020) Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir analitis pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang mata pelajaran biologi / Desy Putri Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE DENGAN KEMAMPUAN AKAD EMIK BERBEDA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BER PIKIR ANALITIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI DI MALANG MATA PELAJARAN BIOLOGIDesy Putri Rahmawati S2 Pendidikan BiologiRINGKASANRahmawati PutriDesy. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE denganKemampuanAkademikBerbedaTerhadapKeterampilanBerpikirKritisdanBerpikirAnalitisPadaSiswaKelas X SMA Negeridi Malang Mata PelajaranBiologi. Tesis Program StudiPendidikanBiologi FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.Pembimbing (1) Prof. Dr.SusriyatiMahanal M.Pd. (II) Dr.Umie Lestari M.Si. Kata Kunci keterampilanberpikirkritis keterampilanberpikiranalitis RICOSRE kemampuanakademik. Salah satu proses berpikirtingkattinggi yang perludiberdayakanpadaabad 21 yaituketerampilanberpikirkritissertaketerampilanberpikiranalitis. Faktanyaketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitissiswa di Indonesia masihtergolongrendah.Permasalahaninidapatdisebabkankarenapenggunaan model pembelajaran yang kurangsesuai.O lehkarenaitu dibutuhkan model pembelajaran yang mampumemberdayakanketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitis.Tujuanpenelitianiniadalah 1) mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitis yang difasilitasi model pembelajaran RICOSRE inkuiriterbimbing danpembelajarankonvensional 2) mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitispadasiswadengankemampuanakademikberbeda dan 3) mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitispadainteraksiantara model pembelajarandengankemampuanakademikberbeda.Penelitianinimerupakanquasi eksperimendenganmenggunakankelaskontrolpositif negatif daneksperimen.Desainpenelitian yang digunakanyaitupretest-posttestnonequivalent control group design.Instrumenpenilaianketerampilanberpikirkritismenggunakaninstrumen yang dikembangkanolehZubaidahdkk. (2015) yang merupakanmodifikasidariFinken Ennis (1993) sedangkaninstrumenpenilaianketerampilanberpikiranalitismenurutUniversitas Wisconsin (2018). Pengumpulansampeldenganteknikrandom sampling.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakantesesaipada K D 3.5 4.5 dan 3.6 4.6.HasilpenelitiandiujimenggunakanstatistikAnacova.Hasilpenelitianiniadalah 1) RICOSRE berpengaruhterhadapketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitissiswakelas X SMA Negeri di Malang 2) kemampuanakademikberpengaruhterhadapketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitissiswakelas X SMA Negeri di Malang dan 3) interaksi model pembelajaran RICOSRE dankemampuanakademikberpengaruhterhadapketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitissiswakelas X SMA Negeri di Malang. Berdasarkanhasilpenelitian makadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangpengaruh model pembelajaran RICOSRE danperbedaankemampuanakademikterhadapvariabelterikat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112742

Actions (login required)

View Item View Item