Pengembangan bahan ajar model discovery keragaman tumbuhan paku Taman Nasional Baluran terhadap literasi lingkungan mahasiswa / Dwi Pipit Indriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar model discovery keragaman tumbuhan paku Taman Nasional Baluran terhadap literasi lingkungan mahasiswa / Dwi Pipit Indriyanti

Dwi Pipit (2019) Pengembangan bahan ajar model discovery keragaman tumbuhan paku Taman Nasional Baluran terhadap literasi lingkungan mahasiswa / Dwi Pipit Indriyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Indriyanti Dwi Pipit. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Discovery Keragaman Tumbuhan Paku Taman Nasional Baluran Terhadap Literasi Lingkungan Mahasiswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Sapta Sari M.Si. (2) Dr. Sueb M.Kes. Kata Kunci pengembangan model pembelajaran discovery keragaman tumbuhan paku Taman Nasional Baluran literasi lingkungan Sumber belajar memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan belajar mahasiswa menjadi lebih baik. Pembelajaran pada matakuliah Sistematika Tumbuhan masih belum melatihkan keterampilan yang menjadi tuntutan dalam pembelajaran abad 21 salah satunya yaitu literasi lingkungan. Literasi lingkungan menjadi sangat penting mengingat banyak permasalahan lingkungan yang muncul saat ini terutama di Taman Nasional Baluran. Keragaman tumbuhan paku di Taman Nasional Baluran juga tidak terhindar dari ancaman penurunan yang disebabkan karena invasi spesies asing kebakaran lahan dan eksploitasi sumberdaya alam oleh masyarakat sekitar. Hal ini perlu diketahui oleh mahasiswa agar mereka melek lingkungan terutama di Taman Nasional Baluran. Pemberdayaan literasi lingkungan akan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang bagaimana orang dan masyarakat sekitar saling berhubungan satu sama lain dengan alam dan bagaimana mereka menjaga serta melakukannya secara berkelanjutan. Melalui sumber belajar yang mengintegrasikan permasalahan nyata di Taman Nasional Baluran mahasiswa diharapkan dapat melek lingkungan. Pengembangan bahan ajar pada mata kuliah Sistematika Tumbuhan menggunakan model discovery yang menggunakan penemuan sebagai acuan pembelajaran serta menggunakan permasalahan atau pengalaman sebagai langkah awal dalammengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan keragaman tumbuhan paku di Taman Nasional Baluran dan menguji produk yang dikembangkan terhadap literasi lingkungan mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian keragaman tumbuhan paku di Taman Nasional Baluran menggunakan metode eksplorasi di kawasan Gunung Baluran dan Sungai Bajulmati. Data yang diperoleh diidentifikasi dengan melihat karakteristik morfologi. Hasil penelitian ini digunakan untuk mengembangkan bahan ajar yang akan digunakan dalam matakuliah Sistematika Tumbuhan. Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media pengembangan. Hasil validasi berupa skor dianalisis secara kuantitatif sedangkan komentar dan saran dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media pengembangan bahan ajar dinyatakan layak dengan skor 96 8% (ahli materi ) dan 89% (ahli media) sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Uji keefektifan dilakukan dengan menerapkan produk yang dikembangkan menggunakan one group pretest and posttest design. Penelitian ini menggunakan 25 orang mahasiswa S1 Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Surabaya. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan uji t berpasangan menggunakan SPSS dan gain score. Hasil yang diperoleh yaitu bahan ajar memberikan efek sedang untuk domain pengetahuan dan keterampilan kognitif. Namun bahan ajar belum mampu meningkatkan domain sikap dan perilaku secara signifikan. Berdasarkan hasil uji keefektifan tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar memberikan efek rendah hingga sedang terhadap domain literasi lingkungan. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112719

Actions (login required)

View Item View Item