Profil berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan ill-structured problems / Maulana Al-Ghofiqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan ill-structured problems / Maulana Al-Ghofiqi

Al-Ghofiqi, Maulana (2019) Profil berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan ill-structured problems / Maulana Al-Ghofiqi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Al - Ghofiqi Maulana. 2019. Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Ill-Structured Problems. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D. (II) Dr. Rustanto Rahardi M.Si. Kata kunci berpikir kreatif ill-structured problems Kreativitas merupakan kompetensi kunci pada abad ke-21 dan kreativitas sendiri merupakan kemampuan yang harus dimiliki di era revolusi 4.0. Sementara itu kreativitas juga merupakan bagian dari matematika. Pada proses pembelajaran saat ini kurangnya strategi yang melibatkan pemikiran berbeda dalam pemberian masalah matematika siswa sekolah menengah pertama mengakibatkan siswa kurang mengeksplor kreativitasnya dalam menyelesaikan masalah matematika tersebut. Pada studi pendahuluan yang dilakukan menunjukkan bahwa masalah dengan kategori ill-structured problems dapat memunculkan kertercapaian terhadap aspek berpikir kreatif sehingga menarik untuk diteliti mengenai profil berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan ill-structured problems. Pendeskripsian secara detail mengenai profil berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan ill-structured problems merupakan tujuan dari penelitian ini. Subjek pada penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII SMPN 4 Waru Sidoarjo. Peneliti ini memberikan tes kemampuan awal (TKA) untuk mengetahui siswa yang mempunyai kemampuan awal yang setara dengan kategori tinggi dan sedang selanjutnya dilakukan tes ill-structured problems (TISP) untuk melihat ketercapaian level berpikir kreatif dan profil berpikir kreatif siswa. Tahap selanjutnya yaitu wawancara yang bertujuan untuk menggali informasi detail dari siswa mengenai jawaban tertulis pada tes ill-structured problems (TISP). Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari tes ill-structured problems (TISP) menghasilkan ketercapaian aspek fluency flexibility dan novelty dari siswa kategori sangat kreatif kreatif dan cukup kreatif. Aspek fluency dapat dipenuhi siswa pada kategori sangat kreatif dan kreatif. Fluency dikatakan terpenuhi ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam memberikan lebih dari satu jawaban benar dalam menyelesaikan illstructured problems namun demikian ada perbedaan diantara keduanya. Siswa pada kategori sangat kreatif lebih dominan dalam memberikan alternatif jawaban benar dan mampu menjelaskan dengan lebih baik. Sedangkan untuk siswa pada kategori kreatif lebih sedikit dalam memberikan alternatif jawaban benar. Aspek flexibility dapat dipenuhi siswa pada kategori sangat kreatif kreatif dan cukup kreatif. Flexibility dikatakan terpenuhi ditunjukkan dengan penggunaan ide yang berbeda pada setiap alternatif jawaban yang diberikan dalam menyelesaikan ill-structured problems. Siswa pada kategori sangat kreatif paling dominan dengan memberikan banyak macam variasi ide dan tidak terpaku dengan ide pada umumnya sedangkan siswa pada kategori kreatif dan cukup kreatif hampir sama dalam hal ide yang digunakan yaitu hanya terpaku pada ide yang sering digunakan. vii Aspek Novelty dapat dipenuhi siswa pada kategori sangat kreatif dan cukup kreatif. Novelty dikatakan terpenuhi ditunjukkan dengan adanya penggunaan ide yang tidak biasa dalam menyelesaikan ill-structured problems. Penggunaan ide yang tidak biasa mampu terpenuhi lebih baik oleh siswa pada kategori sangat kreatif dibandingkan dengan siswa pada kategori cukup kreatif. Hal ini bisa dilihat dari ide yang digabungkan dan dimodifikasi oleh siswa pada kategori sangat kreatif lebih banyak jika dibandingkan siswa pada kategori cukup kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110976

Actions (login required)

View Item View Item