Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar trigonometri pada siswa kelas X SMKN 4 malang / Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar trigonometri pada siswa kelas X SMKN 4 malang / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2016) Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar trigonometri pada siswa kelas X SMKN 4 malang / Khusnul Khotimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK KhusnulKhotimah. 2016. PenerapanPembelajaranInkuiriUntukMeningkatkanHasilBelajarTrigonometripadaSiswaKelas X SMKN 4 Malang. Tesis Program StudiPendidikanMatematika PascaSarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. IpungYuwono M.S M.Sc(2) Dr. SwasonoRahardjo M.Si Kata Kunci Inkuiri HasilBelajar Trigonometri Penelitianinidilatarbelakangiolehmasalah yangdihadapiolehsiswa SMKN 4 Malang padamateritrigonometri yang hasilbelajarnyamasihrendah. Siswacenderungmenghafalrumusdankurangtermovitasimemahamikonseptrigonometrikarenatidakdilibatkanlangsungdalammenemukankonsepperbandingantrigonometri. Salah satuupayamenyelesaikanmasalahtersebutadalahdenganmenerapkanpembelajaraninkuri yang melibatkanpartisipasisiswasecara optimal untukmenemukankonsepsecaramandiribersamakelompoknya. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganpendekatanpenelitiantindakankelasyang bertujuanmendeskripsikanpembelajaraninkuiriuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas X SMKN 4 Malang padamateritrigonometri. Pembelajaraninkuiri yang dilakukanterdiridariorientasi merumuskanmasalah merumuskanhipotesis mengumpulkan data mengujihipotesisdanmerumuskankesimpulan. Denganlangkah-langkahinkuiritersebutsiswadibentukmenjadibeberapakelompokdengankemampuan yang heterogen siswaberdiskusimenyelesaikanpermasalahan yang diberikan sampaidenganmerumuskankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaraninkuiridapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa yang dilihatdarimeningkatnyapenguasaankonsepperbandingantrigonometri keterkaitanantaraperbandingantrigonometridanpenerapankonsepperbandingantrigonometri. Hasilbelajarsiswajugameningkatdarisiklus 1 kesiklus 2dandalamkategoribaik sertaberdasarkanpengamatandiperolehaktivitas guru dansiswajugadalamkategoribaik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110737

Actions (login required)

View Item View Item