Pemanfaatan fasilitas insert shapes pada Microsoft Word untuk memahamkan siswa tentang barisan dan deret melalui pembelajaran STAD di kelas XI SMK Negeri 1 Malang / Siswadi Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan fasilitas insert shapes pada Microsoft Word untuk memahamkan siswa tentang barisan dan deret melalui pembelajaran STAD di kelas XI SMK Negeri 1 Malang / Siswadi Afandi

Afandi, Siswadi (2014) Pemanfaatan fasilitas insert shapes pada Microsoft Word untuk memahamkan siswa tentang barisan dan deret melalui pembelajaran STAD di kelas XI SMK Negeri 1 Malang / Siswadi Afandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afandi Siswadi. 2014. Pemanfaatan Fasilitas Insert Shapes pada Microsoft Word Untuk Memahamkan Siswa Tentang Barisan dan Deret Melalui Pembelajaran STAD di Kelas XI SMK Negeri 1 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (2) Drs. Tjang Daniel Chandra Ph.D. Kata Kunci Pemanfaatan Insert Shapes Kooperatif tipe STAD Barisan dan Deret 12288 12288 12288 12288 Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak karena mereka tidak bisa melihatnya secara real. Benda kongkrit atau semikongkrit sebagai salah satu media penghubung antara dunia ide dengan dunia nyata. Dienes (dalam Suherman 2003 49) mengemukakan bahwa tiap-tiap konsep atau prinsip dalam matematika yang disajikan dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami dengan baik. Dalam suatu proses belajar mengajar sebaiknya anak diberikan kesempatan untuk memanipulasi benda-benda agar dapat melihat langsung bagaimana keteraturan dan pola struktur yang terdapat dalam benda yang sedang diperhatikannya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran STAD yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang barisan dan deret dengan memanfaatkan fasilitas Insert Shapes pada Micrisoft Word di kelas XI jurusan TKJ 1 SMK Negeri 1 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan siklus 1 terdiri dari 5 pertemuan dan siklus 2 terdiri 2 pertemuan. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan TKJ 1 SMK Negeri 1 Malang yang mengikuti kegiatan pembelajaran. Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari a) hasil tes siswa yang meliputi tes awal dan tes akhir tindakan siklus 1 maupun siklus 2 b) hasil observasi c) hasil wawancara dan d) hasil catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Kegiatan inti siswa melakukan aktivitas dengan fasilitas Insert Shapes pada Microsoft Word untuk menemukan rumus suku ke-n dan rumus jumlah n suku pertama dari deret aritmetika atau geometri. metode penemuan yang dilaksanakan guru membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Bruner (Alfieri 2011 13) mengatakan discovery encourages learners to be constructivists and that practice in discovering teaches the learner how best to acquire information to make it more readily available . Bruner (Bahm 2009 2) juga mengatakan learning happens by discovery which prioritizes reflection thinking experimenting and exploring . 12288 12288 12288 12288 Langkah-langkah pembelajaran STAD dengan memanfaatkan fasilitas Insert Shapes pada Microsoft Word yang dapat meningkatkan pemahaman siswa yang terdiri 5 tahap yaitu (1) Persiapan pembelajaran yaitu guru menyiapkan materi menentukan kelompok dan menentukan skor dasar (2) Penyajian materi yaitu guru menjelaskan tujuan pembelajaran memberi motivasi dan menggali pengetahuan prasyarat dengan melakukan diskusi mengenai materi fungsi (3) Belajar kelompok yaitu siswa bekerja dalam kelompok dengan media LKS yang dirangkai dengan pemanfaatan fasilitas Insert Shapes pada Microsoft Word pada tahap ini siswa beraktivitas menemukan rumus suku ke-n dan jumlah n suku pertama dari suatu barisan dan deret (4) Tes/kuis setiap akhir kegiatan pembelajaran (5) Penghargaan kelompok. 12288 12288 12288 12288 Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil tes dan aktivitas pembelajaran. Tindakan siklus 1 memberikan ketuntasan sebesar 77 14 % dengan nilai rata-rata tes awal 22 85 dan nilai rata-rata tes akhir tindakan 1 menjadi 78 91. Tindakan siklus 2 memberikan ketuntasan sebesar 94 29 % dan nilai rata-rata tes akhir tindakan siklus 2 adalah 92 27. Hasil observasi terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran berjalan dengan sangat baik pada siklus 1 dan juga pada siklus 2. Saran yang diberikan adalah (1) sebaiknya dilakukan pembahasan materi prasyarat yang lebih mendalam dan disertai contoh yang bervariasi (2) pembelajaran materi barisan dan deret dengan pemanfaatan Fasilitas Insert Shapes pada Microsoft Word sebaiknya dilakukan secara kelompok (3) memberikan penekanan tentang makna simbol-simbol yang digunakan pada materi barisan dan deret (4) Kejelasan perintah atau langkah-langkah kerja dalam membuat LKS adalah faktor yang sangat penting untuk membantu kelancaran kegiatan siswa (5) Pemberian tugas atau latihan soal yang menantang dapat digunakan untuk mengatasi kebosanan pada siswa kemampuan tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110438

Actions (login required)

View Item View Item