Pengembangan aplikasi mathematics mobile learning berbasis android pada materi segitiga dengan pendekatan kontekstual di kelas 7 / Muhammad Fery Fadhly - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi mathematics mobile learning berbasis android pada materi segitiga dengan pendekatan kontekstual di kelas 7 / Muhammad Fery Fadhly

Fadhly, Muhammad Fery (2014) Pengembangan aplikasi mathematics mobile learning berbasis android pada materi segitiga dengan pendekatan kontekstual di kelas 7 / Muhammad Fery Fadhly. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fery Fadhly M. 2014. Pengembangan Aplikasi Mathematics Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Segitiga dengan Pendekatan Kontekstual di Kelas 7. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si Kata kunci Aplikasi Mathematics Mobile Learning (MML) android segitiga kontekstual Perkembangan alat komunikasi semakin lama semakin pesat. Hal ini dibuktikan dengan munculnya smartphone maupun tablet dengan berbagai macam sistem operasi. Salah satu sistem operasi yang paling laris digunakan di Handphone (Hp) atau tablet saat ini adalah android. Pengguna smartphone paling banyak adalah siswa sekolah. Smartphone bisa dimaanfaatkan sebagai alat bantu dalam belajar siswa. Penggunaan smartphone sebagai alat bantu dalam belajar sangat kurang optimal terutama untuk belajar matematika. Siswa lebih memilih menggunakan smartphone-nya untuk bermain game dan chatting. Penggunaan smartphone ataupun Hp dalam pembelajaran disebut dengan Mobile Learning/M-Learning. Kecenderungan pembelajaran matematika saat ini adalah pembelajaran yang memusatkan pada keterlibatan siswa secara aktif. Tapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah masih berjalan secara konvensional. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan penggunaan pendekatan yang sesuai yaitu dengan pendekatan kontekstual dimana siswa akan mempelajari permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media dengan aplikasi Mathematics Mobile Learning (MML) sebagai produknya. Model pengembangan yang digunakan adalah Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian perancangan pengembangan dan diseminasi. Namun tahap diseminasi tidak dilakukan dalam penelitian ini. Pengembangan aplikasi MML ini dilakukan dari April 2013 sampai dengan Oktober 2013. Aplikasi MML yang dikembangkan sudah divalidasi oleh beberapa dosen dan diujicobakan kepada siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya dengan sub materi segitiga. Dari hasil validasi tersebut didapatkan skor 3 20 yang berarti aplikasi yang dikembangkan sudah valid. Ujicoba ini dilakukan selama 1 bulan dengan empat kali pertemuan. Dalam hal pengoperasian aplikasi ini diujicobakan ke siswa dan mendapatkan skor rata-rata 88 yang berarti siswa mampu menggunakan aplikasi MML tersebut. Dari segi efektifitas diperoleh 12 siswa dari 15 siswa atau sebanyak 80% siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai minimal 85. Sedangkan dari hasil angket respon siswa telah didapatkan respon positif selama ujicoba berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110375

Actions (login required)

View Item View Item