Marta, Yuwana Dhian (2014) Penggunaan media lingkaran pecahan untuk meningkatkan pemahaman dan aplikasi materi perbandingan pecahan siswa kelas III di SDN Loceret 1 Kabupaten Nganjuk / Yuwana Dhian Marta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Marta Yuwana Dhian. 2014. Penggunaan Media Lingkaran Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aplikasi Materi Perbandingan Pecahan Siswa Kelas III di SDN Loceret 1 Kabupaten Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd (II) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. Kata Kunci media lingkaran pecahan pemahaman dan aplikasi perbandingan pecahan SD Berdasarkan hasil wawancara dan observasi siswa kelas III di SDN Loceret 1 Kabupaten Nganjuk masih banyak yang mengalami kesulitan dalam mempelajari perbandingan pecahan. Siswa merasa kesulitan karena mereka kurang paham tentang perbandingan pecahan yang merupakan materi baru bagi siswa. Oleh karena itu diperlukan penggunaan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memahami dan mengaplikasikan materi perbandingan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media lingkaran pecahan peningkatan pemahaman dan aplikasi materi perbandingan pecahan dan peningkatan aktivitas siswa kelas III SDN Loceret 1 Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SDN Loceret 1 Kabupaten Nganjuk yang banyaknya 39 siswa dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan model kolaboratif. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data aktivitas guru dalam penggunaan media lingkaran pecahan data hasil belajar berupa pemahaman dan aplikasi dan data aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Simpulan penelitian ini yaitu penggunaan media lingkaran pecahan pada siswa kelas III SDN Loceret 1 Kabupaten Nganjuk dapat meningkatkan pemahaman dan aplikasi materi perbandingan pecahan.Hal tersebut dibuktikan dari prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 67% sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 82%. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 15 % dengan rata-rata pada siklus I sebesar 74 17 dan rata-rata pada siklus II sebesar 83 15.Rata-rata hasil observasi aktivitas belajarsiswa pada siklus I yakni 61 % dengan kategori C (cukup) sedangkan rata-rata hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II yakni 74 % dengan kategori B (baik). Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan pemanfaatan media maupun sumber belajar perlu dilakukan secara optimal untuk menunjang pembelajaran yang dilaksanakan baik di dalam kelas maupun di luar kelas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104933 |
Actions (login required)
View Item |