Peningkatan pembelajaran PKn melalui model Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV MI 6 tahun Tambakboyo Kabupaten Blitar / Liya Istianatul Asroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran PKn melalui model Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV MI 6 tahun Tambakboyo Kabupaten Blitar / Liya Istianatul Asroh

Asroh, Liya Istianatul (2012) Peningkatan pembelajaran PKn melalui model Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV MI 6 tahun Tambakboyo Kabupaten Blitar / Liya Istianatul Asroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pkn teams games tournament (tgt) hasil belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti di MI 6 Tahun Tambakboyo ditemukan adanya permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran PKn di MI 6 Tahun Tambakboyo Kabupaten Blitar khususnya kelas IV. Rendahnya hasil belajar disebabkan karena kurangnya minat siswa terhadap pelajaran serta kurang inovatifnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang inovatif dan menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran PKn agar hasil belajarnya meningkat. Salah satu model pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah model TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menerapkan model TGT dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI 6 Tahun Tambakboyo setelah penerapan model TGT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI 6 Tahun Tambakboyo Kabupaten Blitar dengan jumlah 24 siswa. Setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru tes hasil belajar dokumentasi wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan persentase pada aktivitas guru hasil belajar dan aktivitas siswa setelah tindakan TGT dilakukan dari siklus I sampai siklus II. Persentase pada aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 10% dari siklus I sebesar 88% menjadi 98% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 8 92% dari siklus I sebesar 90 7% ke siklus II sebesar 99 62%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 12%. Persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 58 3% dan pada siklus II menjadi 70 3%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TGT dapat meningkatkan pembelajaran PKn siswa kelas IV MI 6 Tahun Tambakboyo Kabupaten Blitar dan disarankan kepada guru untuk menggunakan model TGT dalam pelajaran lain karena sudah terbukti dapat meningkatkan pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104564

Actions (login required)

View Item View Item