Surohmah, Afifah (2012) Penerapan model interaktif untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Kalisongo 3 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Afifah Surohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Interaktif Pembelajaran IPA SD Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa pembelajaran IPA di kelas V SDN Kalisongo 03 masih belum membuat siswa menemukan konsep sendiri dalam pembelajaran. Dari 26 siswa hanya 8 siswa yang terlihat aktif dan serius memperhatikan guru. Siswa kurang termotivasi untuk mengemukakan gagasan maupun mengemukakan pertanyaan. Pada akhir pembelajaran guru membuat kesimpulan sendiri dari kegiatan yang telah dilaksanakan dengan mencatat di papan tulis. Data hasil belajar siswa yang diperoleh pada ulangan harian materi sebelumnya tentang materi gaya menunjukkan bahwa siswa belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Ketuntasan klasikal hanya mencapai 38 46% sedangkan yang belum tuntas mencapai 61 54%. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di atas yaitu dengan menggunakan model pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA (2) aktivitas siswa selama penerapan model interaktif pada pembelajaran IPA dan (3) hasil belajar siswa setelah penerapan model interaktif pada pembelajaran IPA. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model interaktif dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Kalisongo 03 kecamatan Dau Kabupaten Malang tahun ajaran 2011/2012. Persentase keberhasilan guru dalam menerapkan model interaktif pada siklus I mencapai 80 62% dengan kategori baik dan pada siklus II mencapai 92 82% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa meningkat yaitu pada siklus I rata-rata memperoleh nilai aktivitas sebesar 65 63 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 75. Hasil belajar juga meningkat. Pada tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74 28 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 84 19 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam tahap persiapan direncanakan dengan baik yaitu dengan memberi penugasan awal kepada siswa dan dalam membuat pertanyaan siswa dikondisikan agar semua berani mengajukan pertanyaan dan pertanyaan tidak hanya dibaca namun ditulis di papan tulis. Selain itu pada tahap penyelidikan siswa dalam kelompok sebaiknya bergantian dalam melakukan percobaan sehingga semua siswa memiliki pengalaman langsung dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104463 |
Actions (login required)
View Item |