Saputra, Galuh Dwi Hadi (2012) Profil evaluasi pembelajaran {PKn kelas II SD se gugus V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Galuh Dwi Hadi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Profil Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu kegiatan utama yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam kegiatan pembelajaran. Melalui penilaian guru akan mengetahui perkembangan hasil belajar intelegensi bakat khusus minat hubungan sosial sikap dan kepribadian siswa atau peserta didik. Sebagai bentuk akuntabilitas guru dalam melaksanakan pembelajaran maka setiap guru dan tenaga kependidikan lainnya harus memahami konsep prinsip teknik dan prosedur evaluasi pembelajaran. Hasil evaluasi pembelajaran selama ini hanya untuk mengisi buku rapor belum dijadikan feedback bagi guru untuk melakukan refleksi pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui kesesuaian evaluasi pembelajaran PKn di kelas II SD Se gugus V kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan KTSP tahun 2006 dan domain hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualiitatif. Data penelitian yang diperoleh berupa paparan tentang kesesuaian pelaksanaan evaluasi pembelajaran PKn dengan KTSP kesesuaian pelaksanaan evaluasi pembelajaran PKn denga domain hasil belajar dan solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Dalam hal pelaksanaan evaluasi pembelajaran di kelas 2 SD tidak berjalan tematik. Pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran saja berjalan tematik. Hal ini sangat bertolak belakang dengan kurikulum KTSP yang seharusnya pembelajaran di kelas rendah harus berjalan tematik.Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran guru seharusnya memperhatikan domain hasil belajarnya (kognitif afektif dan psikomotor).Pada pelaksanaannya guru hanya menitikberatkan pada aspek kognitif siswa saja sehingga aspek-aspek yang lain tidak terukur. Guru seharusnya lebih banyak menggali informasi tentang evaluasi pembelajaran. Kesimpulan dari data di atas adalah evaluasi pembelajaran di SD Se Gugus 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Pada kenyataannya semua guru melakukan penilaian hanya pada tiap mata pelajaran bukan penilaian tematik. Seharusnya pembelajaran tematik dilaksanakan sampai tahap penilaian atau evaluasi bukan hanya pada kegiatan inti saja sehingga sesuai dengan KTSP tahun 2006. Beberapa guru masih bingung penilaian yang mana yang digunakan dalam pembelajaran. Tes adalah alat ukur pengukuran untuk menentukan kuantitas dan evaluasi untuk menentukan kualitas berdasarkan kriteria tertentu. Guru seharusnya lebih banyak mencari informasi agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam mengartikan dan mengimplementasikan antara tes dan penilaian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104385 |
Actions (login required)
View Item |