Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada siswa kelas II SDN Plosokerep 01 Kota Blitar / Esti Nur Widayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada siswa kelas II SDN Plosokerep 01 Kota Blitar / Esti Nur Widayati

Widayati, Esti Nur (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada siswa kelas II SDN Plosokerep 01 Kota Blitar / Esti Nur Widayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil belajar PKn Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran yang lebih identik dengan pembentukan sikap dan nilai moral. Berdasarkan hasil observasi pratindakan dalam pembelajaran khususnya PKn menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh siswa kelas II SDN Plosokerep 01 masih rendah. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata PKn dari 17 siswa pada tahap pra tindakan sebesar 58 17 dengan ketuntasan 47 1%. Selain itu model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi yaitu ceramah tanya jawab dan penugasan sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan cenderung bosan mengikuti pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran VCT pada pembelajaran PKn kelas II SDN Plosokerep 01 Kota Blitar dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas II SDN Plosokerep 01 Kota Blitar dengan penerapan model pembelajaran VCT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dari rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan mencapai 58 17% menjadi 62 9% pada siklus I pertemuan I sehingga terjadi peningkatan sebanyak 4 73%. Pada siklus I pertemuan II rata-rata hasil belajar siswa mencapai 68 53% sehingga terjadi peningkatan sebanyak 5 63% dari siklus I pertemuan I. Pada siklus II pertemuan I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 69 7% sehingga terjadi peningkatan 1 17% dari siklus I pertemuan II. Pada siklus II pertemuan II rata-rata hasil belajar siswa mencapai 76%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dari tahap pra tindakan sampai siklus II sebanyak 17 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas II SDN Plosokerep 01 Kota Blitar. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran VCT di kelas yang lain atau pada mata pelajaran lain yang memerlukan penanaman nilai moral pada siswa guna meningkatkan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103762

Actions (login required)

View Item View Item