Penggunaan media tape recorder untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan pada siswa kelas V SDN Talang Suko 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Dwi Ma'rifatika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media tape recorder untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan pada siswa kelas V SDN Talang Suko 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Dwi Ma'rifatika

Ma'rifatika, Dwi (2010) Penggunaan media tape recorder untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan pada siswa kelas V SDN Talang Suko 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Dwi Ma'rifatika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ma rifatika Dwi. 2009. Penggunaan Media Tape Recorder untuk Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Siswa Kelas V SDN Talang Suko 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Skripsi Program studi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing (1) Muchtar S.Pd. M.Pd (2) Dra. Hj. Winihasih M.Pd Kata kunci Penggunaan media tape recorder Kemampuan mendengarkan cerita. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Talang Suko 03 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi mendengarkan cerita guru masih menerapkan pembelajaran yang bersifat verbalisme dan konvensional guru kurang bisa menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif dan melibatkan keaktifan siswa. Hal ini mengakibatkan rasa bosan dalam belajar yang akhirnya minat dan kemampuan siswa juga menurun. Permasalahan tersebut diatasi dengan menggunakan media tape recorder pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi mendengarkan cerita pada siswa kelas V SDN Talang Suko 03. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) pelaksanaan penggunaan media tape recorder untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa kelas V SDN Talang Suko 03 (2) penggunaan media tape recorder dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa kelas V SDN Talang Suko 03 (3) dampak penggunaan media tape recorder terhadap keaktifan dan kondisi siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Talang Suko 03. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas V SDN Talang Suko 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes observasi dan wawancara. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut (1) kemampuan mendengarkan cerita siswa kelas V SDN Talang Suko 03 setelah menggunakan media tape recorder mengalami peningkatan sebesar 34% dengan selisih peningkatan dari refleksi awal ke siklus I sebesar 8 sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 13 (2) keaktifan dan kondisi siswa selama mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media tape recorder mengalami peningkatan sebesar 86% dengan kategori memuaskan (3) secara keseluruhan penggunaan media tape recorder dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa kelas V SDN Talang Suko 03. Saran dari penelitian ini sebagai berikut (1) bagi guru dapat menggunakan media tape recorder dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dapat memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan materi pembelajaran agar pembelajaran dapat lebih berorientasi pada siswa dan dapat meningkatkan kreativitas siswa (2) bagi sekolah sekolah harus melengkapi sarana pembelajaran atau media yang lebih bervariasi dan menarik siswa sehingga mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran (3) bagi peneliti lain dapat dijadikan dasar untuk melakukan penelitian yang baru dapat meneliti dengan materi yang sama tetapi dengan media yang berbeda yang dapat menampilkan rekaman yang disertai dengan gambar misalnya menggunakan VCD pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102698

Actions (login required)

View Item View Item