Penerapan pakem untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Iskandar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pakem untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Iskandar

Iskandar (2010) Penerapan pakem untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Iskandar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iskandar. 2009. Penerapan PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan S 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Purwedarti M.Pd Pembimbing (II) Drs Ir. Endro Wahyuno M. Si Kata Kunci Penerapan PAKEM Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. Proses pembelajaran IPA di Sekolah Dasar khususnya di SDN Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan masih didominasi dengan pembelajaran konvesional guru menerapkan metode ceramah dan tanya jawab tanpa menggunakan alat peraga sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Ketidak aktifan siswa akan mempengaruhi pemahaman terhadap materi yang diberikan dan berakibat pada hasil belajar yang kurang optimal. Hal ini terbukti dengan hasil belajar dengan rata-rata 5 7 pada akhir semester I. Untuk itu peneliti perlu melakukan perbaikan dengan menerapkan PAKEM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan sebelum diterapkan PAKEM (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelasIV SDN Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan setelah diterapkan PAKEM (3) mendeskripsikan tentang penerapan PAKEM pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpul data berupa tes yaitu ulangan harian I dan ulangan harian II. Untuk menganalisa data dari hasil ulangan tersebut menggunakan penilaian acuan kriteria. Penilaian acuan kriteria yang digunakan adalah ketuntasan belajar perorangan (75%) dan ketuntasan kelas atau kelompok (80%). Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran IPA pada siklus I ketuntasan belajar individu mencapai 72 5% yang berarti meningkat sebesar 45% dari sebelum penerapan PAKEM melalui pre tes pada tindakan awal yang mencapai 27 5%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan individu meningkat menjadi 97 5% dan dinyatakan berhasil tuntas. Dengan demikian disarankan kepada guru hendaknya menerapkan PAKEM khususnya dalam mata pelajaran IPA. Karena PAKEM mudah dilaksanakan dan sangat menarik minat siswa dalam belajar sehingga mereka mudah memahami materi dan tujuan pembelajaran yang diharapkan akan tercapai secara optimal. Bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102696

Actions (login required)

View Item View Item