Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kompetensi dasar proses daur air dan kegiatan yang mempengaruhinya di kelas V SDN Gadang I Kota Malang / Septiana Dyah Winanty - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kompetensi dasar proses daur air dan kegiatan yang mempengaruhinya di kelas V SDN Gadang I Kota Malang / Septiana Dyah Winanty

Winanty, Septiana Dyah (2010) Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kompetensi dasar proses daur air dan kegiatan yang mempengaruhinya di kelas V SDN Gadang I Kota Malang / Septiana Dyah Winanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winanty Septiana Dyah. 2009. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Proses Daur Air Dan Kegiatan Yang Mempengaruhinya Di Kelas V SDN Gadang I Kota Malang. Skripsi jurusan Kependidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra Hj. Sukamti M.Pd. (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata kunci Pendekatan STM hasil belajar IPA Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada 2 Februari 2009 pada pembelajaran IPA pada materi Gaya di SD Gadang I diketahui pembelajaran tersebut belum menunjukkan hasil belajar IPA menunjukkan nilai ketuntasan. Selain itu adanya kondisi lingkungan di sekitar sekolah yang merupakan daerah industri yang padat penduduk mengharuskan siswa peka terhadap lingkungan sekitar.Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendiskripsikan pelaksanaan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar proses daur air dan kegiatan yang mempengaruhinya di kelas V SDN Gadang I kota Malang (2)mendiskripsikan peningkatan hasil belajar dengan pengunaan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar proses daur air dan kegiatan yang mempengaruhinya di kelas V SDN Gadang I kota Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rangangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK ini dilaksanakan 2 siklus siklus I dilaksanakan dalam 3 pertemuan dan siklus ke II dilaksanakan dalam 1 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gadang I Kota Malang dengan jumlah siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi wawancara dan tes. Evaluasi yang dilakukan menggunakan tes hasil dan proses. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pra tindakan hanya mencapai 13 % (belum mencapai kriteria keberhasilan 75%) dan rata-rata kelas hanya 56.21 dengan kriteria ketuntasan minimal secara individu 70. Sedangkan setelah pemberian tindakan meningkat menjadi 100% pada akhir siklus II dan rata-rata kelas mencapai 76.69. Dengan demikian pemberian tindakan pada siklus II telah berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan STM pada pokok bahasan daur air dan kegiatan yang mempengaruhinya dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif afektif dan psikomotor Selanjutnya peneliti menyarankan pada pihak guru agar dapat menerapkan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA agar siswa lebih peka terhadap masalah-masalah yang ada di sekitar lingkungan dengan menggunakan laboratorium. Pada siswa juga lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan menerapkan teknologi dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan masalah lingkungan. Penelitian ini sebagai bahan bandingan dikemudian hari terdapat penelitian dengan model STM yang lebih sempurna lagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102690

Actions (login required)

View Item View Item